The First Time

Niat awal sich mau bikin kejutan buat Nayla. Dia kepingin banget naik pesawat terbang, biasanya cuma nganter pop aja sampai Bandara, abis itu mewek di Damri he…he….

Tapi gw pinginnya dia pertama kali naik pesawat ya ke Bali (Umroh sih impiannya tapi blm ada dananya:)), jadi biar ada pesawat murah ke kota lain kita tahan-tahan, kita tetap pakai bis atau kereta api.

Begitu kesempatan dan uang tentyunya ada, akhir Januari 2012 kita booking hotel di Grand Kuta bali, plus sebulan berikutnya booking Air Asia buat bertiga, semuanya harga promo, thanks god http://www.grandkuta.com/

Sementara jalan-jalan keluar kota ato pulau buat kita mesti pake moment, entah ultah, anniversary atau ada yang nikah he…he… akhirnya di putuskan secara sepihak “ulang tahun gw”. Soalnya ultah nayla atau pop atau anniversary adanya di bulan Oktober sm Desember, kelamaan bow.

Skenarionya, nanti kita nganterin pop ke bandara tanpa Nayla tau kalo dia kali ini di ajak terbang. Ngebayangin momentnya aja sampai nyesek gw, apalagi pop pake acara berlinang air mata.

Tapi skenario gagal total, karena Nayla tau ketika gw pesen hotel dan denger pop cerita udah beli tiket pesawat buat bertiga. Walhasil tiap hari dia menghitung hari kaya KD he..he….

Dan sempat nangis akhirnya ketika pop bilang “pop dulu ya ke Bali, pesen tempat, nanti nayla nyusul sm mom”, huaaaa langsung nangis Bombay “enggak mau, Nayla mau ikut pop pesen tempat”…..

Begitu harinya tiba, 6 Mei 2012, dengan mudahnya dia bangun jam 5.30, karena kita harus naik Damri 6.30. Di Damri aja matanya dah berbinar-binar, sebentar2 bilang, Nayla ke Bali.

Pas check in lebih seru lagi, dia pegang tangan gw sambil bilang “Nayla naik pesawat ke Bali” ach terharu….ga ternilai harganya.
Sarapan sebelum check out
di Soeta, siap2 naik pesawat
Tapi ternyata dari naik pesawat sampai duduk di dalamnya lebih seru lagi. Ga habis-habisnya dia buka meja, buka tutup jendela sampai akhirnya keluar kalimat “Nayla terbang….”
di Pesawat
ga takut
Akhirnya jam 10.30 atau 11.30 waktu Bali, kita mendarat dengan selamat di bandara internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali dan sudah ada penjemput dari hotel (bpk Nyoman) yang pegang name tag gede “Bp. Doddy Rosadi”.
Patung kuda di Bandara Ngurah Rai
Sebelum sampai hotel mampir dulu di rm padang Sederhana, pop ngidam masakan padang, buat makan siang di  Grand Kuta.
Pose Kamseupay he...he....
Habis makan istirahat sebentar trus pesan taksi buat ke pantai kuta, nungguin shuttle yang gretong adanya jam 5 sore, kelamaan.

Kita turun di Ground zero, tugu peringatan bom Bali, sayang karena sudah sore, pagarnya sudah dikunci. Di belakangnya persis masih ada ada hotel Sandjaya tempat kita bulan madu desember 2005, ahaaiiii.

Dari sana kita menyusuri jalan legian menuju pantai Kuta. Begitu sampai, Nayla sudah ga sabar pergi berenang…..

Jadilah pop jagain barang-barang, Nayla berenang, gw nyari kerang sama batu karang buat aquarium. Dari jauh kelihatan tempat kita main bowling, dulu kita jalan dari sana menyusuri pantai, sampai akhirnya ke pantai kuta.
Main pasir
pasir basah ternyata berat ya
Lagi akur:)
Sama Kembaran
Spa pasir he...he....
Hari itu kita di pantai sampai sunsetnya hilang……..
Sunset hari I kita di Bali
Hari kedua 7 mei 2012, sebelum ke jimbaran Nayla berenang dulu di kolam renang hotel.

ga mau rugi di hotel juga berenang
Pop gendong anak monyet
Di Jimbaran
Sayangnya karena dari jimbaran sudah jam 14.00, kita makan siang dulu di depan toko jogger, walhasil setelah ngaduk-ngaduk jogger dan beli oleh2 kaos sama pie susu, kayaknya ga punya waktu lagi buat ke pantai.

Nayla sempat bikin tato di jogger, beliin oleh2 tato juga buat teman2 sekelas.

Tapi main air tetep dong, karena di bali matahari lebih lama tenggelam, jam 18.00 aja masih terang benderang, jadilah walaupun cuma setengah jam Nayla sm pop berenang di kolam renang depan kamar.

Hari ketiga 8 mei 2012, pas ultah gw,  lagi2 rencana sepihak mau ngeliat sunrise (kaya waktu bulan madu duluJ) tapi apa daya kaki pegel dan ga tega bangunin Nayla jam 5 pagi .

Jadilah hari itu setelah berenang di hotel, kita berangkat jalan-jalan menyusuri fo dan distro di legian kuta yaaaaaayyyyyy.

Kali ini kita sempat foto-foto di ground zero. “kalo bom nya d Jakarta, namanya tugu bom Jakarta ya mom?”, gitu dech he…he…
di Ground zero
di Ground zero juga
Siangnya Nayla minta makan nasi padang pakai kikil, karena penasaran sama kikil yang kemarin di makan sama pop. Huaaaah mbul mentang-mentang liburan.

Di sana dia juga sibuk nyuruh pop nyari cake ultah buat gw, atau minimal cup cake di kasih lilin. Setelah keliling2 cari topi Bruno Marz buat om dhimas, kita mampir di Circle K makan ice cream.
Nayla Marz pake tato Joger
Habis itu keliling lagi, beli beberapa barang buat gw. Sayang nya jam 14 udah ada yang merengek cape…. Ach lupa ada anak kecil, kalo cuma berdua, gw geber sampai sore trus lanjut ke pantai:)

Balik ke hotel, Nayla gw minta bobo, karena sorenya kita mau liat sunset terakhir kan udah mau pulang besoknya…….

kali ini kita ke Bali memang ga seperti terakhir kesana ketika belum ada Nayla. Dulu kita sewa mobil dan keliling di temenin sm yuli dan made yang kita kenal ketika liputan d Bali (sayang ya kita lost contack)

Kita keliling Kuta, Jimbaran, Sanur lanjut nginep di Lovina, pagi2 buta liat lumba-lumba di laut, ke Bedugul, ke Puri Besakih sm pasar Sukowati.

Kali ini kita mau liburan yang nyaman, santai dan ga harus berpindah-pindah tempat yang penting nayla bisa puas main di pantai kuta. kemana-mana naik Blue Bird, di jakarta boro2 Blue Bird kita lirik he...he... di Bali tarif taksi semua sama.

Pas jam 17 kita naik shuttle hotel ke kuta, kita minta turun di pantai dekat Hard Rock hotel, soalnya ombaknya lebih seru.

Memang lebih seru ternyata ombaknya tinggi bergulung-gulung putih kaya bulu angsa. Sereeeem tapi Nayla senang, dia berani tiduran nunggu ombak datang terus ke lempar jauh ke pinggir.
Berselimut ombak
Whuiiiih kaya bulu angsa
Ombaknya seruuu
Ga jatuh dong hai
Untung tangan gw ky abis mani padi he...he...
Saking tingginya ombak tato lumba-lumba di tangan gw kesiram ombak padahal belum kering hu….hu….,”makanya mom pake tato jogger kaya Nayla, ga harus nunggu kering, ga pake nangis lagi” huaaaaaa gw dinasehatin anak kecil.

Untungnya tukang tatonya dah pergi, untungnya juga pop ngelarang buat ngulang tato lagi, karena bekas temen kantor ngasih tau, tukang tato di pantai Bali ada yang jahil, dia ga pakai heyna tapi pakai tinta batere bekas, dan bikin kanker kalo kena kulit, yaiiiik untung dah kesiram ombak setengahnya (untungnya lagi dulu pernah bikin tapi ga apa apa).

Sunset kali ini kita nikmatin lebih lama, selain hari terakhir liat sunset, kan gw juga lagi ultah he…he…. Ga ada hubungannya.

Siap2 menuju Sunset
Perfect Sunset
Nayla juga gw biarin puas main di laut sm main pasir, kali ini dengan bantuan gw tentunya dia berhasil bikin istana pasir......
Jadi juga istana pasirnya
Ada jalannya juga bow
Balik ke hotel lagi, rasanya sedih karena besok siang balik ke Jakarta. Malamnya kita packing2 lagi buat pulang, sedih hiks…gw sempetin malamnya buka laptop balesin ucapan selamat ultah di fb.

Hari ke empat 9 mei 2012, hari terakhir kita di Bali, Nayla sama Pop aja yang sarapan, gw Cuma minta di bawain omelet 2 whuiiih sm pancake 4 potong, plus susu segar.

Tepat jam 10 waktu bali, taksi Blue Bird yang kita pesan datang buat nganter kita ke Bandara Ngurah Rai. Di bandara rasanya ngiri waktu liat pelancong yang baru sampai, liburan kita usai mereka baru mulai….
Di Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali
Di Bandara Soekarno Hatta Jakarta
Di pesawat pulang lagi-lagi bangku kita berdua sama pop pisah (cuma beda satu kursi) ini resiko kalo pesan tiket pesawat online dan untungnya seperti waktu berangkat, penumpang sebelah gw mau tukeran jadi kita bertiga bisa duduk bareng.

Saat penerbangan pulang ada anak kecil yang ketakutan naik pesawat. Dia nangis jejeritan dari pesawat belum terbang sampai sudah di atas, berentinya karena tu anak ngantuk, kecapean nangis kayaknya.

“Kan kalo nangis terus air matanya abis ya mom”, kata Nayla
“Kamu ga takut?” tanya gw.
"Enggak" kata Nayla
“Hebat”…….
Ini tas kedua yang Nayla ambil sendiri