Jumat, 20 Juli 2018

Menebar Optimisme di Asian Games 2018

Ajang pesta olahraga terbesar di Asia atau Asian Games 2018 sebentar lagi nih. Apakah Indonesia bisa masuk 10 besar? Optimis dong, Presiden Joko Widodo saja sudah menargetkan kontingen Indonesia meraih 20 medali emas serta masuk 10 besar di Asian Games 2018.
Sebenarnya, ada dua target yang disampaikan Presiden yaitu 20 emas dan 10 besar. Apabila bisa meraih 20 emas, sepertinya sudah pasti akan masuk 10 besar. 

Namun, negara yang ada di 10 besar belum tentu perolehan medali emasnya mencapai 20 keping.

Mungkin banyak yang menilai target tersebut terlalu berlebihan. Namun, bagi orang yang memegang prinsip optimistis di dalam hidupnya, target tersebut masih bisa dicapai.

Jangan lupa, ketika pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962, Indonesia bisa meraih 11 medali emas, lima diantaranya dari cabang bulutangkis.
Markus/Kevin
Makanya setelah lebih dari setengah abad, rasanya bukan hal yang berlebihan apabila target yang disampaikan Presiden Jokowi hampir dua kali lipat dari torehan yang diraih Indonesia di era Presiden Soekarno waktu itu.

Lalu, cabang mana saja sih yang bisa menghasilkan emas? Ada sejumlah cabang unggulan yang sudah diprioritaskan untuk meraih emas. 

Bulutangkis ditargetkan mendapatkan dua medali emas lewat ganda putra, Marcus/Kevin Gideon serta ganda campuran Tontowi/Liliyana. 

Sektor ganda putri yang empat tahun lalu menyumbang emas juga masih berpeluang lewat pasangan Greysia/Apriyani.

Sektor panahan juga ditargetkan meraih emas. Pemanah putra Riau, Ega Agatha yang menumbangkan juara dunia dari Korea di Olimpiade 2016 lalu masih menjadi andalan. 

Jangan lupa atletik yang merupakan induk olahraga juga diharapkan bisa meraih emas. 

Kalau ada yang masih ingat (bisa dicari di Wikipedia sih), pada Asian Games 1962, atletik menyumbang dua emas lewat sprinter M Sarengat. 

Semoga Lalu M Zohri yang baru saja menjadi juara dunia yunior bisa mengulangi prestasi Sarengat.
Lalu M. Zohri
Sementara dari cabang boling (olahraga kesukaan saya nih) juga ditargetkan meraih emas. Cabang ini sudah pernah menyumbang emas lewat Ryan Lalisang pada Asian Games 2006, dan kini Ryan kembali diharapkan bisa meraih emas lagi.
Ryan Lalisang
Bridge yang baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games serta balap sepeda diharapkan bisa menambah empat medali emas. 

Kano dan Paralayang juga masuk daftar cabang yang diharapkan bisa meraih emas.

Buat pecinta Jetski, cabang ini   juga masuk daftar peraih emas, walaupun baru pertama kali dilombakan. 

Nah dari uraian di atas, baru 11 medali emas yang diharapkan bisa diraih kontingen Indonesia, lalu dari mana sisa 9 medali emas lagi?

Tentunya dari cabang pencak silat, olahraga yang berasal dari negeri sendiri. Cabang ini diharapkan menjadi lumbung emas kontingen Indonesia. 

Memang tidak mudah untuk bisa meraih 20 medali emas di pesta olahraga terbesar di Asia, namun bukan hal yang mustahil.
Lewat kerja keras serta perjuangan yang pantang menyerah, 20 medali emas tentunya bukan sekadar mimpi di siang bolong  ya. 

Yuk sudah saatnya nih seluruh warga Indonesia mulai menebar optimisme menjelang Asian Games 2018. Logonya saja keren dan bikin semangat kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Cintai Produk Makanan dan Minuman Dalam Negeri

Hi mom, pernah gak nemenin anaknya nonton acara disalah satu televisi swasta, namanya Laptop si Unyil?. Saya sering, salah satu temanya ad...