Kamis, 13 September 2018

Belajar SEO & Atur Keuangan ala Freelancer

Hi Mom ......
Hari minggu kemarin saya dapat undangan Blogger Gathering Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan CNI (Sebuah perusahaan Multi Level Marketing di Indonesia), di Burger King Pasar Festival, temanya menarik banget "SEO Zaman Now". 
Kenapa saya bilang menarik karena saya belum pernah belajar SEO (Search Engine Optimization) untuk blog.

Awal diberikan materi saya gak ngerti, karena saya ini saya ini tipe orang yang bisa langsung mengerti kalau praktek langsung, bukan berteori.

Untungnya mas Niko Riansyah Digital Marketing dari CNI mau bagi bagi ilmunya ke para  blogger, dan menjelaskan dengan mudah dan gamblang.
Niko Riansyah Digital Marketing dari CNI
Blog saya kebetulan  sejak dibuat 11 tahun lalu memang murni isinya mengenai anak semata wayang. Biar dia memiliki kenang-kenangan apa saja yang terjadi dari dia masih di dalam perut sampai hari ini.

Seiring berjalannya waktu, isinya makin beragam, tapi tetap berhubungan dengan anak dan suami saya. Nah sudah dua tahun ini gabung dengan berbagai komunitas blogger, isinya makin beragam.

Tapi sebisa mungkin isinya tetap dikaitkan dengan cerita tentang anak saya, atau istilah kerennya niche-nya parenting deh. Terus gimana caranya biar tulisan kita dilirik sama orang lain?.

Awalnya sih saya tidak peduli, dilirik atau enggak, lah wong blog buat anak, ya suka sukalah nulisnya, tapi setelah berkenalan dengan teman-teman blogger, jadi pingin ikutan acara acaranya yang menarik baik berbayar atau tidak asalkan sesuai niche.

Setiap daftar acara blog harus sesuai maunya klien, apalagi kalau sudah urusan DA/PA, plus ketika nama blog di ketik di mesin pencari google apakah nama blog cepat terdeteksi atau tidak.

Ini Fungsi SEO menurut Niko, dengan kata kunci tertentu di website dan blog bisa menaikkan peringkat di mesin pencari google. karena selain mudah dicari, blog kita dikenal orang.

Niko yang sudah malang melintang di dunia teknologi digital ini mengatakan, SEO adalah proses memaksimalkan web kita pada halaman atau peringkat atas pada daftar hasil pencarian mesin pencari.

Pengertian gampangnya sih, salah satunya disebabkan tingkat pengunjung website atau blognya lebih tinggi dari dari peringkat di bawahnya.

SEO Zaman Now versi Niko
💙💚💛💜💗
- Website yang dioptimasi dengan baik berdampak pada mesin pencari.
- Bikin kata kunci  yang unik, karena biasanya user google itu nyarinya kadang pakai kata kunci masalah yang pingin dia cari jawabannya.
- Meningkatkan kepedulian terhadap niche kita, jadi siapapun yang pernah mampir ke blog atau website kita, akan ingat niche yang dia mau ada di blog atau website milik kita. (sudah saya terapkan di blog masak saya, semua judulnya pakai kata resep).
- DA (Domain Authority) merupakan ukuran kekuatan sebuah nama domain dan salah satu dari banyak faktor di peringkat mesin pencari. Klau mau DA nya naik, sering sering berkunjung dan komen di blog orang lain.
- Kalau belum naik juga, taro link berita kita di website konvensional. kalau mahal masih banyak website underground yang bisa dimanfaatkan dengan harga murah antara 1-10 dollar.
- Blog atau website harus mobile friendly, artinya blog tampilannya harus bagus, tampilan harus sama antara tampilan mobile dan desktop. 
- Mas niko menyarankan untuk mendaftarkan blog atau website kita di https://seositecheckup.com/ untuk melihat apakah SEO kita berhasil mendongkrak peringkat blog atau website kita.
- Google Analytics (GA) salah satunya untuk tahu jumlah page view (PV), dan pengunjung baru. Sebelumnya harus punya akun Google untuk masuk GA, bisa diklik di link ini https://www.google.com/analytics.
- Sekarang banyak tulisan blog di plagiat dan masukan ke media onlinea tanpa seizin pemilik blog. Salah satu tool untuk mengecek apakah artikel kita diplagiat atau tidak,  bisa melalui https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.  
Aktivitas SEO
💙💚💛💜💗 
Menurut Niko ada dua, on page dan off page.
- On page
Memperbaiki websitenya sebelum di launch, misalnya perbaiki tulisan, tampilan serta menyusun tampilan agar mobile friendly.

- Off page
Mengoptimalkan website yang sudah telanjur di launch. Caranya? populerkan website kita dengan memanfaatkan link dari media sosial seperti Twitter, facebook, Instagram, Youtobe, Google+.

Founder ISB Ani Berta, kemarin sempat menambahkan, ada banyak cara untuk menaikkan traffic blog-nya biar bisa ada di halaman satu mesin pencari google.
Founder ISB Ani Berta
Karena SEO itu bukan bukan ilmu pasti, seperti halnya matematika, SEO setiap orang bisa berbeda-beda. Penerapannya tergantung kita, mana yang cocok dengan waktu dan kemampuan kita ya mom.

Salah satunya dengan blogwalking, mulai sekarang fokus, menjalankan niat (khusus yang gaptek seperti saya ini) untuk sering sering berkunjung dan memberi jejak dengan memberi komentar di blog teman 

Atur Keuangan ala freelancer Liswanti Pertiwi
💙💚💛💜💗  
Ini tema yang gak kalah menariknya dari tema pertama. Dari Penuturan Liswanti Pertiwi blogger yang juga bekerja sebagai  freelance finacial, jadi tambah tahu masih banyak celah untuk menabung buat masa depan.
Menurut lulusan S1 Ekonomi yang juga memiliki wedding planner ini, hidup itu harus memiliki goal atau tujuan yang ingin dituju demi kebahagiaan keluarga tentunya.

Kalau sudah ada, tetapkan tekad untuk mencapainya, menabung? sudah pasti dong. Tapi ternyata ada satu lagi celah dipengeluaran sehari hari yang bisa kita hemat. 

Caranya dengan mencatat semua pengeluaran yang saya keluarkan per hari,  yang gokil sampai pengeluaran printil printil yang remeh temeh disarankan untuk dicatat, seperti, bayar parkiran, hingga beli cilok di sekolah anak (pas lagi jemput anak, curcol hi...hi...).

Nantinya akan kelihatan kalau banyak pengeluaran pengeluaran yang tidak penting. Susah? pastilah awalnya kata Liswanti, tapi nantinya kita akan merasakan manfaatnya.

Kalau perlu tulis semuanya melalui aplikasi Excel di laptop, tapi kalau yang gaptek seperti saya ini cukup ditulis di buku juga tidak apa apa kok.

Selama ini memang saya mencatat semua pengeluaran, tapi terbatas hanya pada pengeluaran pribadi, itu juga dilakukan karena suka bingung uang yang saya pegang raib untuk pengeluaran yang saya lupa untuk apa. 

Ke depannya saya pingin mencatat lebih rapi lagi seperti yang disarankan Liswanti, percaya enggak sekarang ini saya mulai mikir panjang ketika mau membeli barang yang saya suka tapi tidak terlalu diperlukan.  
Apalagi ada sarannya yang jleb banget, ketika membeli baju atau hijab pikirkan apakah baju atau hijab ini bisa di mix and match dengan baju yang sudah ada. Kalau tidak butuh banget ya tidak usah belanja.

Hanya untuk beli printilan anak yang belum bisa di rem, maklum anak semata wayang, tapi diusahakan sih beli yang tidak mahal banget kok, dan biasanya tidak setiap bulan juga.

Menabung uang recehan di celengan juga jadi hal yang  wajib dilakukan. Ini juga sudah saya dan anak saya laksanakan, kalau di rumah ada sisa recehan atau kembalian belanjaan pastilah sudah kita masukkan ke celengan yang kebetulan punya banyak (kado ultah dari teman temannya Nayla).

Sepertinya gak penting ya, tapi Nayla anak saya yang masih SD ini, pernah traktir saya dan suami menginap di hotel, dari uang recehan yang dia tabung tuh asiik kan. 

Sedekah dan zakat jangan lupa, yup betul dua hal ini yang bikin lancar rezeki kita sekeluarga ya, Aamiin. 

Semoga ya cita cita dan keinginan kami sekeluarga  yang belum tercapai nantinya bisa terwujud, seperti yang dialami oleh Liswanti, ketika dia kepingin beli tanah, pada saat punya keinginan tersebut rasanya tidak mungkin.

Tapi ternyata ada yang mengajaknya untuk mengurusi toko tokonya, hingga akhirnya dia bisa membeli tanah yang dia inginkan

Jadi apapun yang kita inginkan di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin ya mom, asalkan kita mau berusaha dan fokus dengan apa yang kita inginkan Aamiin.
Terima kasih ISB, CNI (untuk Hot Up Dark Chocolatenya), Mba Ani Berta yang sudah mengajak saya di acara yang keren ini, Mba Liswanti dan Mas Niko atas ilmu yang diberikan kemarin. (foto foto milik pribadi, milik Mba Ani Berta dan mas Niko).

8 komentar:

  1. ilmu SEO bagi blogger ada baiknya diketahui ya mbak.

    BalasHapus
  2. benar mas biar tambah teman, tambah job, tulisan juga jadi beragam

    BalasHapus
  3. Kalau blog sudah terindeks dengan baik, artinya sudah cukup layak. Jangan lupa bangun konten nya juga yg bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang berat.. konten...

      content is a king...

      Hapus
  4. Aamiin makasih teh masukannya, semangaaat

    BalasHapus
  5. Bagi bloggwr gk ada kata terlambat ya utk belajar seo, sama kayak aku nih blogger pemula yg perlu bingits materi seo nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan hasilnya langsung terpilih deh blognya sebagai salah satu pemenang ya

      Hapus
  6. nabung recehan bisa buat nginep di hotel? wahhhhhh keren bangettt

    BalasHapus

Duo Bekal Camilan Sehat dari Julie's Biskuit

Selamat pagiiiiii...... Kita ngomongin soal bekal makan siang buat anak sekolah sama bekal suami yuk. Biasanya nih bekalnya gak jauh j...