Semua Doa Terbaik Untuk Nayla

Hai Mom...

Kepingin curcol deh, sebetulnya sudah sering curcol begini kepada suami tercinta yang paling sabar sedunia. Soal sabar ini juga ada kaitan dengan yang mau gw curhatin.

Dari sebelum menikah gw sadar bukan orang yang sabaran cenderung tempramental, walaupun mudah sekali terharu dan kalau sudah merasa sayang sama seseorang pasti puuol sayangnya (widiiih kepribadian apa sih ini).
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
Apalagi kalau sama anak kecil, tidak setiap anak kecil bikin gw menengok atau tergerak untuk menatap atau menegurnya. Beda dengan suami setiap ada anak kecil (bahkan ada yang dekil dan ingusan) kalau ada yang mendekat pasti langsung dipeluk atau digendong.

Makanya rasanya gak pantes ya jadi ibu. Perasaan keibuan mulai tumbuh ketika adik laki laki gw menikah duluan dan punya baby perempuan.  Uwooow baby ini langsung jadi matahari  dan bulan di rumah kami, membuat rumah jadi ceria dan terang benderang seperti lampu tembak di terminal.

Bahkan almarhum bapak tercinta yang kala itu masih sehat bugar, semangat banget tiap pagi nganterin pisang buat cucunya. Gak sabar pulang kantor (tentunya setelah jemput gw dan kakak dari kantor masing masing) buat ketemu cucunya.

Alasannya cucu perempuan bernama Laras ini, menghilangkan cape dia setelah seharian di kantor. Iiiih masa segitunya ya, terus kami ini gak bisa menghilangkan cape dia gitu?😁. 

Ya iyalah, selain dianter jemput pas kerja karena kebetulan kantor kita bertiga searah, kami juga kadang masih minta uang sama bapak, hi....hi.... cape lahir bathin keknya. 

Ketika Laras sempat tinggal di rumah kami, gw jadi tahu apa yang dimaksud bapak, Laras sebagai obat cape. Beneran loh, gw jadi kepingin cepat pulang kerja dan begitu melihat muka malaikatnya langsung nyeeeees badan cape jadi segar bugar.

Laras ini yang bikin saya berani untuk menikah dan punya anak. Yup seperti yang saya bilang sebelumnya, saya ini orang yang tempramental, egois dan gak sabaran malah harusnya tidak boleh memiliki anak.

Kok gitu? seperti curhatan seseorang di media cetak, kalau dia dan suaminya cenderung tempramental makanya mereka komitmen untuk tidak memiliki anak, aaaah gw tidak berani seekstrim itu, gw tetap kepingin punya anak tapi satu saja, lagi pula suami kan penyabar ya.

Ketika hamil doa gw hanya satu diberikan anak yang sehat dan perempuan (eh itu dua ya doanya hi..hi...). Karena bayi perempuan adalah cinta pertama gw terhadap makhluk mungil tak berdaya itu.
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
Makanya senang dong ketika akhirnya gw melahirkan bayi perempuan, rasanya diri ini siap banget memberikan dan mengajarkan segala hal yang terbaik buat anak.
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
Tapi teori berbanding jauh dengan prakteknya. Pada kenyataanya kadang Nayla anak gw ini menerima semua kekesalan gw di rumah. Saat dia emut makanannya lamaaaaaa sekali, aduuuh rasanya berdosa banget, memarahi anak berumur 1,5 tahun ini.

Untungnya setiap kali saya ngomel ngomel, saya masih sadar untuk berhenti dan menelfon suami gw. Dia menyarankan gw untuk tenang, tarik nafas, minum dan kalau belum sholat, sholat dulu deh biar adem.

Bener lo setelah adem, hati tenang gw bisa melihat jelas, kalau Nayla ngemut makanan untuk makanan yang berserat seperti dada ayam. Beda dengan ayam bagian paha bawah, ceker, cumi atau udang langsung lep..lep... dikunyah sebentar terus ditelan.

Ketika dia mulai bersekolah beda lagi ceritanya. Nayla ini anak yang slebor suka meletakkan barang sembarangan, susah bangun subuh tapi paling suka sekolah (bertentangan kan hi..hi...) atau kadang lalai isi air minum di kulkas.

Seperti biasa kalau gw bertanduk untuk hal hal yang sepele menurut orang lain (tapi hal penting buat gw dong ya), suami akan bilang, "Jangan cape ya nasehatin Nayla, kalau besok dia ulangin lagi, ya kita nasehatin lagi".

Terus kalau gw jawab, "Masa begitu terus sih pop", dengan pelan suami akan bilang, "Kalau mama cape nasehatin biar pop yang nasehatin," duuuuuuh untung suami gw sabar ya, coba kalau dua duanya cepat menyerah dan baperan apa jadinya Nayla.

Selain itu menurut suami gw, kenakalan Nayla kan masih kenakalan anak anak biasa, bukan karena dia merokok, mencuri atau kenakalan yang perlu penanganan khusus. Iya juga sih wong kadang cuma susah bangun atau makannya di emut, cuma kok ya gw ini cepet banget naik darah iiih.

Dia juga mengingatkan, kalau gw kepingin anak perempuan karena kepingin dia dapat kasih sayang, didikan dan pengajaran yang lebih baik dari yang gw dan dia dapat dulu di rumah. 

Karenakan nantinya dia akan jadi seorang ibu yang akan pastinya jadi orang yang paling banyak berperan dalam mendidik anaknya selain ayahnya tentunya.

"Mom ingat kan selalu bilang semoga Nayla nantinya jadi perempuan dan ibu yang lebih baik dari mama, yang bisa mengajarkan anaknya lebih baik dari kita,". Kuncinya sih, kalau lagi kesal, ingat aja lucu lucunya Nayla pasti deh kesalnya hilang, ternyata benar juga.
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"
Dari suami gw juga belajar minta maaf ke Nayla, ke suami  atau siapapun kalau ada salah. Soalnya di rumah saya dulu gak dibiasakan seperti itu, jadi kalau berantem habis itu ngobrol lagi ya dianggap sudah damai. 

Paling sesekali kalau sudah parah Bapak ngajak gw sama kakak yang lagi berantem makan diluar terus diajak ngomong kenapa berantem tapi gak ada kayaknya kita disuruh minta maaf (atau gw yang lupa ya?).

Kalau sekarang gak bisa seperti itu, gw harus mengajarkan hal yang tidak gw dapat dahulu, plus mengingatkan dia, jangan meniru yang jelek jelek dari mama. Gw sebutin deh yang jelek jeleknya apa, yang bagus dari kita berdua juga gw sebutin dong.

Karena nantinya kalau kami tidak ada, Nayla harus bisa lebih mandiri tanpa  bergantung sama orang lain (iiih mikir seperti ini kok gw sedih ya), impian saya sederhana kok, semoga kami bisa lama mendampingi kamu, kami berdua kepingin lihat kamu kuliah, kerja, menikah dan punya anak, beri mama kesabaran ya nak ....Aamiin.    
"Nayla cintanya mom sama pop.jpeg"

Komentar

  1. Perjuangan menjadi ibu terbaik ya mbak. Tak pernah ada pelajaran seperti ini, selain dir sendiri bagaimana harus berproses untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Tetap semangat ya mbak.... menjalankan peran yang penuh kemuliaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih bunda sugi, doa yang sama buatmu ya bun

      Hapus
  2. Wah, seru kali tapi Nayla punya Ibu kayak Mba ya...kapan punya adek lagi, laki laki gitu.... #pertanyaanmainstream Saya juga orangnya emosian ini mana anaknya laki laki lagi, masih dua bulan jadi masih tak berdaya. Tapi emang benar secapeek apapun kalau liat dia senyum aja capeknya menguaaaap sudah. Allhamdulillah ya mbak, diberi nikmat dan anugerah berupa anak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi..hi...nayla maunya kakak aja katanya mba, untunglah wkwkwkwkwkw. benar banget mba apalagi yang dicari di dunia ini (ini kalau saya ya), kerja sudah bertahun tahun, menikah dan dikasih bonus anak pula buat kita jaga dan sayangin, nikmat dunia

      Hapus

Posting Komentar