Me Time: Bikin Masker Kain

Hi Mom...

Gw punya cara me time sejak pandemi, bikin masker kain. Kok masker? ada pemicunya sih, sejak ada pandemi dan harus kerja dan sekolah dari rumah praktis kemana mana harus pakai masker.
Masker sekali pakai yang biasanya banyak di supermarket mendadak hilang dan muncul di tempat lain dengan harga gila-gilaan.

Gw sih gak mau beli, masa iya masker seharga oven gw sih iiiih malesin banget. Untung pop masih punya 1 masker kain andalan dan kalau hanya ke supermarket atau berjemur di depan kolam renang (kita tinggal di apartemen) gak perlu pakai masker.

Tapi peraturan berubah sejak korban makin banyak, tim satgas Covid-19 juga dibentuk di apartemen, akibatnya ada peraturan baru harus pakai masker kalau turun dari unit. Bahkan hanya ambil makanan dari ojolpun harus maskeran.

Akhirnya saya pesan masker kain dari Sritex 20 buah dengan asumsi cukuplah buat bertiga. Sayangnya masker ini indent lumayan lama sekitar 2-3 minggu, masa iya gara gara gak pakai masker eke cuma nangkring di balkon kalo berjemur.

Untung di jalan sempat ketemu penjual masker kain, harganya 15 ribu masker dua lapis sih tapi bahan kaosnya tipis. Duuuh jadi pingin bikin tapi gak tau caranya dan gak punya mesin jahit pula.

Memang sih sudah dapat tutorial bikin masker kertas dari bekar teman kantor Arin Swandari tapi gak kebagian lagi tissu yang tebal buat bahan masker di supermarket.

Akhirnya lihat tutorial di di Fbnya kak Mimi Hiljah cara bikin masker kain seperti yang diajarkan Arin. Walaupun ada bagian tutorial yang gw gak ngerti (cara masang tali untuk telinganya gimana?) ya diniatin aja untuk bikin.

Gw  merelakan kain toraja (atau motif apalah itu) yang belum sempat diapa apain, untuk dibuat masker. Langsung eksekusi, walaupun gak punya mesin jahit tapi benang aneka warna dan jarum ada dong, buat benerin kalo ada kancing baju yang lepas. 

Tapi karet untuk telinga gak punya, beli di toko buku hanya ada tali untuk name tag. Gw beli 3  warna kuning biru dan pink sesuai warna kesukaan.

Jangan lihat kualitas jahitnya, cuma di jelujur (nah istilah gini gw taunya dari mami Hanna Hassan), yang jelas rapi jali dan sesuai syarat kesehatan 3 lapis eeeaaaa.
Masker perdana berdasarkan nebak nebak hi...hi...
Masker ala ala ini ada kantong buat naro tissu, nah jadinya 3 lapis kan. Talinya sesuai warna favorit, kuning, pink sama biruπŸ’›πŸ’–πŸ’™.

Selama pakai masker dengan tali name tag ini, ada teman yang baca postingan gw di sosmed soal masker kain yang masih indent dan jahit sendiri. Dia ngirimin gw masker kain dari bahan batik 2 buah.
Thanks ya Sandra Sahelangi, akhrnya gw lihat langsung masker dua lapis yang ada kantongnya. Karena gw ini tipe yang bisa ngerti kalau lihat langsung ketimbang tutorial lewat video apalagi kalo gak kumplit penjelasannya.
Setelah 3 minggu di rumah, gw memberanikan diri untuk beli tali karet di pasar rawamangun. kebetulan tukang jahit di sana lokasinya ada di samping jadi suami gw bisa anter sampai pintunya, dia sama Nayla tetap di mobil gw lari beli karet itu terus langsung ke mobil lagi hi...hi....
Senang akhirnya walaupun masker Sritex sudah datang (gw cuma ambil 6, sisanya bagi bagi buat mama mertua, mami dan adik adik di Pondok Gede), gw tetap bikin masker kain buat di bagi bagi juga. 
Masker Sritex
Gak lama ada teman arisan Mba Nina (mama Khanisa) ngeshare di grup wa, tutorial dari mahasiswa di Amrik yang bikin masker 3 lapis praktis tanpa tambah tisu lagi. 

Widiiiih langsung mupeng bikin lagi apalagi sempat beli lagi tali karet 20 meter wkwkwkwkwk.

Sama dengan sebelumya selain bikin untuk bertiga juga untuk bagi bagi. Sampai kapalan tangan gw, tapi ternyata kalau lagi jahit masker gw bisa adeeeem  anteng darah tinggi gw turun kayaknya hi..hi...
Ini ukuran yang gw buat
masing masing gw bikin 6-10 buah
Lumayanlah gak harus spaneng lihat harga masker sekali pakai yang langka dan mahal. Karena kita sehat dan gak kemana mana tapi hanya sesekali harus keluar rumah cukup pakai masker kain (tambahin tisu dalam kantong maskernya kalau dua lapis).

Masker sekali pakai yang langka untuk paramedis dan yang sakit saja deh, lagian mihil juga. Minimal mama mertua aman ke pasar setiap akhir pekan kita juga aman kalau harus keluar unit walau hanya sebentar. 

O ya selain sempat beli masker ala ala yang ada tulisannya (gak bisa milih tulisan tapinya), kantor pop (Katadata) juga bikin masker unlimited kece banget untuk karyawannya satu keluarga dapat semua berapapun orangnya. 
Masker Unlimited Katadata
Masker lucu2an sayang bahannya kasar
Kalaupun pandemi sudah berlalu kami akan tetap pakai masker kemana mana sepertinya, untung sudah punya banyak sekarang.

Makasih ya buat yang sudah mampir dan baca curcolan gw soal masker, muaaaachhhh.

Komentar

Posting Komentar