Selasa, 24 November 2020

Sarapan Bergizi ala KOKO KRUNCH Nutrismarta

Hi Mom...

Sarapan pagi sudah jadi tradisi di keluarga kecil kita. Gw sih yang menularkan kebiasaan ini ke Nayla dan suami yang kebetulan di rumahnya gak terbiasa sarapan pagi, semua di rapel pukul 10 atau 11 sekalian makan siang.

Biasa sarapan pagi bermula saat masih kerja dan belum menikah. Gw di diagnosa radang usus, jadi gak boleh telat makan, gak boleh lagi minum minuman bersoda kecuali perut sudah terisi.

Yang sulit kalau harus liputan pagi dan malas banget makan nasi. Untung selalu nyetok Koko Krunch dan susu cair putih, pagi hari jadi lebih berenergi setelah sarapan.

Sereal yang paling lama hadir di rumah ya si sereal berbentuk kepala koala ini. Dari jaman gw masih kinyis kinyis sampai akhirnya menikah dan punya anak, makanan ini kerap hadir saat sarapan.

Sedangkan Nayla  sudah terbiasa dari kecil bangun pagi selalu minta sarapan.  Awalnya sih dia tertarik sama bentuk serealnya, begitu dia coba langsung suka.

Pada dasarnya rasa coklat itu memang mudah untuk disukai semua orang termasuk anak anak. Apalagi sereal ini terbuat dari gandum utuh jadi bahan utama dari sereal ini  dikombinasikan dengan vitamin B, zat besi dan kalsium.

Gak salah kan kalau gw sudah mengenalkan sereal ini ke Nayla dari dia masih kecil. Sedangkan saat mengenal sufor, gw kenalin hanya hanya susu flat alias yang putih aja.

Jadilah dia hanya makan sereal ini hanya dengan susu cair putih (mau dingin atau enggak gak masalah).

KOKO KRUNCH Nutrismarta

Selama pandemi covid-19 (sudah mau masuk bulan ke 9 nih) Nayla belajar jarak jauh alias belajar dari rumah. Jenuh bete garing sudah pasti itu, bayangin aja kemana mana dibatasin dan musti mikir panjang penting gak sih keluar, kalaupun harus keluar pakai masker ...gooooss.

Sebagai orang tua gimana caranya bikin mereka betah untuk 24 jam keruntelan sama orang tuanya. Apalagi sejak sekolah dari rumah, dia kadang telat sarapan padahal dulu sebelum pandemi pukul 5.30 pasti sedang sarapan.

Kalau gak dipaksa dan dibawakan makanan, Nayla pasti akan melewatkan sarapannya. Dia bisa berjam jam di depan laptop untuk zoom atau mengerjakan tugas dari sekolah.

Tapi kalau sarapannya KOKO KRUNCH Nutrismarta dari Nestle Breakfast Cereal (NBC), tanpa disuruhpun dia pasti langsung tuang ke dalam mangkuk terus  diguyur dengan susu cair putih yang dingin.

Makanya kita nyetok banyak nih si Koko biar semangat belajarnya. Biar dia gak bosen makannya pakai tambahan pisang, kiwi, strawberry atau buah buahan kering.

Sarapan Yang benar Dengan Gizi Seimbang

Kebetulan nih minggu lalu, tepatnya kamis 19 November 2020 bersama awak media dan teman teman blogger kita ikut acara daring peluncuran Nestle KOKO KRUNCH Nutrismarta.

Kita nge zoom nih

Ki-ka: Dr. Rita Ramayulis (ahli gizi), Liena Desbi (Brand manager Nestle), Dona Agnesia (celebrity mom)

Menurut Dr Rita Ramayulis (ahli gizi),  selama kita tidur banyak energi yang dikeluarkan  misal untuk pembentukan hormon pertumbuhan. 

Gula darah juga turun drastis setelah tidak makan dan minum dalam waktu sedikitnya 5 jam. Kebayang kan kalau gak sarapan, gak semangat buat belajar atau beraktivitas apapun.

Lebih parah lagi kalau malas sarapan bersiko mengalami anemia, kurang gizi atau bahkan beresiko kelebihan berat badan.

Kok bisa? bisa dong karena telat makan, makanan yang kita konsumsi jadi berlebihan. Ini juga pengalaman gw, yang tadinya makan siang hanya cukup dengan nasi satu centong karena telat makan perut masih terasa lapar baru stop setelah ditambah lagi karbo yang lain.

Beda kalau paginya sudah sarapan, pasti makan siang dan malamnya dengan porsi sewajarnya. Biar otak kita bisa bekerja dan fokus mengikuti pelajaran, dibutuhkan energi yang cukup. 

Untuk mengangkut oksigen dan gizi ke otak dibutuhkan glukosa dari koarbohidrat, vitamin B1, B2, B4, B6 dan B9 (asam folat).

Sedangkan Zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dalam darah. Makanya harus memilih karbohidrat  yang baik misalnya serelia utuh seperti gandum utuh yang masih memiliki lapisan luar, dimana kandungan gizinya belum berkurang.

Gak usah repot semuanya ada di KOKO KRUNCH Nutrismarta yang dibuat dari gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi. Tapi pola makan juga harus seimbang,  misalnya harus ada buah, sayur, ikan, telur dan daging.

Jangan Lupa Olah Raga

Ini penting banget, karena ruang lingkup kegiatan terbatas selama pandemi, kadang jadi lupa bahkan malas bergerak. Pusingkan lihat jarum timbangan makin lama makin ke kanan ... hadeeeuh.

Apalagi nih menurut Dr Rita, aktivitas fisik membantu aktivitas saluran pencernaan. Kalau metabolisme tubuh baik meningkatkan hormon endorfin yang memperbaiki suasana hati kita.

Nayla biasanya di sela belajar daringnya, gowes sepeda statis di balkon biar sekalian dia berjemur. Atau kalau mau joget atau dance bareng mamanya Nayla ngikutin gerakan KOKO Dance (klik ini ya).

Jadi makin tahu kan betapa pentingnya sarapan pagi. Kalau belum terbiasa, belum terlambat kok kita bisa mulai besok ya mom. Jangan lupa olah raga dan nge dance biar sehat jiwa raga.
Semoga kita semua sehat sehat dan bahagia ya biarpun hanya di rumah aja selama pandemi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Me Time ala Scarlett Withening Aroma Coffe

Hi Mom... Mau curcol sedikit, sudah hampir dua bulan mood untuk posting sesuatu di sosmed sama blog terjun bebas.  Terjun bebas sampai ke da...