Staycation Di Yogyakarta, Borobudur dan Sleeper Bus

Hi Mom...

Selamat bertemu lagi di tahun 2023 semoga makin sukses semuanya ya. Pingin cerita soal liburan kita jelang Natal 2022 kemarin, seruuu karena pulangnya kita naik sleeper bus.

Tapi cerita soal sleeper bus ini terakhir aja ya, biar ditungguin dan dibaca sampai habis hi...hi...

Ini perjalanan jauh pertama selama pandemi, perjalanan nostalgia tepatnya. Karena Nayla pertama kali kita ajak ke Magelang dan Yogyakarta pas dia masih balita.

Tahun 2019 Ke Jogja lagi tapi cuma gw sama gank kuliah tanpa bawa suami sama anak pastinya. Sila baca di sini ya. (Candies : 4 Hari Keliling Yogyakarta.html)

"Borobudur 1.jpeg"
Makanya perjalanan kali ini tanpa itinerary, kita mau benar-benar liburan yang gak harus nguber lihat semua lokasi wisata yang ada. Yang jelas kita pingin bawa Nayla mengenang Jogja sama lihat Borobudur lagi. 

Dulukan dia masih kecil banget, gak ingat apa-apa katanya walaupun ada foto-fotonya.

๐Ÿ’ฎ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐Ÿ’ฎ๐Ÿต๐ŸŒป๐ŸŒธ๐ŸŒบ๐ŸŒป๐Ÿ’ฎ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒป๐Ÿ’ฎ

Hari pertama 21/12/2022:

Di kereta tuh susah banget nahan godaan mie instan ya kan, karena sudah diniatkan untuk makan mie godog pas sampai Jogja.

"Kereta 1.jpeg"
"Kereta 2.jpeg"
Kebetulan kita di jemput sama adek gw yang lagi ada acara di Jogja juga. Kita makan malam di (Bakmi Jowo Pak Supri) ternyata mie godognya enak juga.

๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ๐Ÿœ

Kuahnya kental gurih, dengan porsi yang banyak. Biasanya kita malam gak makan, berhubung lagi libur bolehlah sekali-kali, lagian enak banget makan mie pas lagi hujan seperti malam itu. Kalau mau lebih pedes bisa gigit cabe rawit yang disediakan di meja.

"Bakmi Jowo Pak supri 1.jpeg"
"Bakmi Jowo Pak supri 2.jpeg"
Berhubung sudah malam kelar makan kita langsung cek in ke Kimaya Hotel (satu grup dengan hotel Harris), tempat kita menginap sampai tanggal 25 desember 2022. Kita dapat kamar di lantai dengan Balkon menghadap ke kolam renang.

"Hotel kimaya Semarang 1.jpeg"
"Hotel kimaya Semarang 2.jpeg"
"Hotel kimaya Semarang 3.jpeg"
Hotelnya sebenarnya sih bagus sesuai yang gw mau, sayangnya ada bathub di kamar mandinya. Gw senang kalau bathub di pisah dengan kamar mandi kayak waktu kita menginap di Malaysia (Valentine ala-ala di KL Tower).

Tapi kalau digabung gw gak suka, kamar mandi juga jadi sempit agak gimana rasanya mandi berdiri di atas bathub. Hanya ini sih yang bikin bete, selebihnya hotel ini asik banget.

Hari Kedua, 22/12/2022:

O iya sebelum berangkat ke Jogja gw sudah nanya soal mobil sewaan ke mas Kintesa mantan ajudan temen gw yang dulu nganterin kita keliling Jogja. (Candies-4-hari-keliling-jogjakarta)

Bukannya dicariin mobil sewaan malah kita disuruh pakai mobil dia aja, kebetulan dia punya dua dan dua-duanya jarang dipakai. Untung sebelum berangkat pop sudah perpanjang SIM๐Ÿ˜€.

Rencana hari kedua (kamis) kita nyebrang sedikit ke Magelang, apalagi kalau bukan nyamperin Borobudur. Sebelum jalan kita makan nasi gudeg kumplit dulu, gw sama pop naik beca motor ke Gudeg Yu Djum yang ternyata ada belakang hotel.

"Pak Prapto, Mangkal depan Kimaya Semarang.jpeg"
"Gudeg Yu Djum Pusat.jpeg"
Sepanjang perjalanan menuju Magelang gw exciting banget, semoga Nayla juga gitu ya. Gw masih ingat perasaan berdebar-debar dan merinding saat melihat Borobudur pertamakali.

Dan perasaan itu ternyata tetap sama....

"Borobudur 2.jpeg"
"Borobudur 3.jpeg"
Dengan tiket masuk 50 ribu, kita bisa masuk ke sana, dengan berjalan kaki atau naik mobil wisata (bayar lagi pastinya). Di sana kita sempat beli salak madu, haruuuuum sama manis banget, sayang lupa di foto. 
"Borobudur 4.jpeg"
"Borobudur 5.jpeg"
"Borobudur 6.jpeg"
Pulang dari Borobudur rencananya kita mau ke kopi Klotok, sayang Jogja setiap siang sampai malam diguyur hujan. Makanya biarpun sudah sampai kita gak bisa masuk.

Ada sih beberapa cafe yang hype kayak Kopi bukan Luwak dan kopi Garasi disekitaran kopi Klotok tapi karena hujan semuanya penuh. 

Untung ada tempat makan dekat situ  yang sepi namanya Episentrum dan ternyata makanannya enak. Kayak Tepo tahu telor,  sop Iga, tempe mendoan, bakwan jagung sama pisang keju.

"Tepo tahu telor, Episentrum Resto, Jogja.jpeg"
"Bakwan Jagung, Episentrum Resto, Jogja.jpeg"
Nilai plusnya lagi kamar mandinya bersih, Nayla yang ngasih tahu ke gw. Nayla tahu banget standart kamar mandi umum yang bersih menurut mamanya, kalau pop yang bilang bersih masih diragukan tapi kalau Nayla yang bilang berarti aman hi...hi...

Kelar makan lanjut jalan lagi, balik ke Jogja (masih hujan tentunya). Pas lewat jalan Kaliurang kira-kira di KM 16, Degolan, kok gw kayak lihat spanduk makanan kesukaan Jadah Tempe Mbah Carik.

"Jadah Tempe Mbah Carik 1.jpeg"
Langsung dong minta pop puter balik, kapan lagi bisa beli langsung di lokasi. Biasanya gw selalu beli online dikirim lewat paxel, bahkan sehari sebelum berangkat ke Jogja gw sempat pesan beberapa buat dikirim ke bestie-bestie di Jakarta (biar gak repot nenteng-nenteng).

Gw berdiri dengan perasaan berdebar-debar senang di depan warung yang menyajikan jadah tempe, gw beli beberapa porsi aja buat makan di hotel. Rencananya hari terakhir beli makanan kesukaan ini buat makan di rumah.

Di mobil si jadah tempe yang dibungkus daun ini gw kekepin dengan bahagia ha...ha.... lebai ya kek ketemu sama orang yang di sayang. Ya gimana dong dari pertama suka cuma beli online, sekarang bisa lihat langsung cabang tokonya.

"Jadah Tempe Mbah Carik 2.jpeg"
Sebelum sampai di hotel Nayla kepingin Gelato, sementara gw kepingin ke Lemari Lila yang ada di jalan yang sama. Sayang hujan masih gila-gilaan derasnya, sudah gitu parkirnya jauuuuuuh banget dari lokasi yg kita mau.

Jadi hari ini kita akhiri dan langsung menuju hotel buat bobo zzzzzzzzzz......

Hari Ketiga, 23/12/2022

Hari ini rencananya kita mau melihat UGM (tepatnya fakultas Hukum), Karena ini satu-satunya lokasi yang pingin dilihat Nayla, sama berlama-lama di Malioboro. 

Sebelumnya makan siang dulu di (Ikan Laut Bakar Mas Aye) pop lihat reviewnya di YT, kayaknya lumayan enak dan lokasi gak jauh dari hotel.

Sampai di sana suasana sepi, hanya ada satu orang yang makan. Gw sih selama pandemi suka suasana kayak gini, tapi buat penjual kan amsyong ya.

Kita pesan ikan bakar, paket seafood saus padang dan tumis kangkung. Ternyata rasanya enak, gak nyesel makan di sana.

"ILB Mas Aye 1.jpeg"
"ILB Mas Aye 2.jpeg"
"ILB Mas Aye 3.jpeg"
Dan pas kita mau pulang, masuk beberapa mobil untuk makan di sana. Kita kayak bawa keberuntungan he..he...

Kelar makan kita langsung menuju UGM. Nayla kepingin nantinya ambil jurusan Kriminologi, hukum atau komunikasi (kayak mamanya eeeaaaaa) makanya dia pingin lihat lokasinya.

Walau hanya lihat gedung fakultas hukum dari luar (karena lagi gak ada yang kuliah)  dia sudah senang. Seperti biasa kita bertiga zikir dong depan gedungnya, siapa tahu rezekinya Nayla Aamiin.

"Fakultas Hukum, UGM.jpeg"
Kelar main-main di UGM kita langsung ke  Malioboro, seperti biasa jalan menuju kesana macet banget. Lebih enak sebetulnya kesana naik mobil online biar gak ribet cari parkir.

Parkiran mobilnya buat anak manja kayak gw ini kayaknya sih jauh wkwkwkwk. Untungnya pop berfikir hal yang sama, jadilah kita becaan bertiga (dudukan becanya besar) menuju jalan Malioboro kembali.

"Malioboro 1.jpeg"
"Malioboro 2.jpeg"
"Malioboro 3.jpeg"
Hari keempat, 24/12/22

Rencananya mau ketemu sahabat-sahabat yang dulu pernah tinggal di Jakarta, Mba Kris dan Mba dessy.

Pertemuan pertama dengan mba Kris dan mas Onny suaminya. Mereka ngasih usul ketemu sambil maksi di Raminten yang katanya dekat hotel kita. Lokasinya dekat dengan SMA Stella Duce.

"Raminten, Stella Duce Jogja 1.jpeg"
"Raminten, Stella Duce Jogja 2.jpeg"
Pas melihat foto dan patung Raminten (ibu-ibu dengan konde size jumbo dan berkacamata) langsung ingat toko batik di Malioboro, ternyata pemiliknya sama.

Makanannya enak, sayang kurang puedeees hi...hi... namanya juga makanan Jogja.

"Raminten, Stella Duce Jogja 3.jpeg"
"Nasi Pecel, Raminten, Stella Duce Jogja.jpeg"
"Brongkos, Raminten, Stella Duce Jogja.jpeg"
Kelar ketemuan sama mba Kris lanjut ketemuan sama mba Dessy sekeluarga. Rencana awal ketemu di keraton, sayang keraton bagian dalam sudah tutup. 

Jadilah kita ketemuan di Tempo Gelato yang di jalan Taman Siswa. Bahagia banget karena sudah lama sekali gak ketemu sama mereka.

"Tempo Gelato Tamsis 1.jpeg"
"Tempo Gelato Tamsis 2.jpeg"
"Tempo Gelato Tamsis 3.jpeg"
Menjelang malam (lagi-lagi kita disambut hujan), pulang ngemal dari mal Ambarukmo sudah ada undangan makan malam dari mas Kintesa. Sayang gak sempat foto-foto, saking banyak yang mau diceritain dan lafaaar.

Sebelum pulang gw kasih deh oleh-oleh kaos yang kita beli di mal tadi sore. Ternyata muat dan mas Kintesa suka banget katanya (dia WA gw pas  pakai kaos itu buat kerja).

Hari terakhir hari ke Lima 25/12/2023

Siap-siap pulang, urusan oleh-oleh sudah beres. Kalau gudek Yu Djum dan Jadah Tempe Mbah Carik sengaja beli pagi pas mau pulang.

Kelar sholat kita cek out dari Kimaya langsung naik gocar menuju terminal Jombor, kita pulangnya naik Sleeper Bus.

Tadinya pingin compartmennya yang ada pintunya jadi bisa di kunci, pas kita keluar bus. Sayangnya model begini cuma ada dua bangku dalam satu bus, padahalkan kita bertiga.

Akhirnya kita cari yang semua bangkunya bisa buat bobo rebahan dalam satu bus.  Dapat dari YT namanya bus Sinar Jaya Isinya hanya 22 buah, kita pilih tidur di atas biar gak dilangkahin orang yang mau turun. 

Harga tiket per orang saat itu (Jogja-Jakarta) 335 ribu. Itu sudah termasuk dapat minum satu botol, plus makan malam (karena kita perginya sore hari). Makan malamnya seperti biasa di tempat pemberhentian bus.

"Sleeper Bus Sinar Jaya.jpeg"
"Bagian Dalam Sleeper Bus Sinar Jaya 1.jpeg"
Ternyata pas mau masuk bus harus copot sepatu, karena lantainya dikasih karpet.  Gak hanya itu selain ada tempat sepatu, kita juga diberi sendal mirip sendal hotel.
"Nayla di  Sleeper Bus Sinar Jaya.jpeg"
Saatnya mencoba tempat tidurnya

Bangkunya bisa direbahin 170 derajat (gak sampai rebah banget) ada selimut, bantal, Tv dan colokan charger. Nyaman sih gw bisa tiduran sambil buka hijab (ada hordeng penutup di kanan kiri) biar gak gampang terbuka gw jepit pakai jedainya Nayla.

"Bagian Dalam Sleeper Bus Sinar Jaya 2.jpeg"
"Bagian Dalam Sleeper Bus Sinar Jaya 3.jpeg"
Jangan lupa selain bawa earbuds, bawa juga earphone ya, karena saat nonton film di Tv  suaranya gak keluar dan gw bingung buat nyambungin ke bluetooth๐Ÿ˜. Untung bawa juga earphone yang talinya cukup panjang jadi tetap bisa nonton sambil rebahan.

"Earphone Wakanda ๐Ÿ˜Š.jpeg"
Kekurangannya perjalanan pakai sleeper bus buat gw sih cuma dua, durasi jadi lebih lama (ya iyalah kan naik bus), kamar mandinya juga kecil banget euy. Makanya begitu turun untuk makan malam, gw pergunakan untuk ke kamar mandi lagi.

Makan malamnya sih so..so.. untungnya kita juga gak laper-laper amat. Cuma semua harus turun karena kan supirnya mau makan dan istirahat sebentar, jadi biar aman busnya di kunci selama kita makan.

Selama di perjalanan gw bisa nonton film sampai tertidur sendiri, fasilitasnya sih bukan nonton tv tapi nonton film yang sudah ada dan bisa kita pilih.

Kebanyakan sudah gw tonton semua he...he...tapi ya gpp ada yang bagus kok. Nonton sambil nyemil bakpia dan jadah tempe๐Ÿ˜. klik youtube di bawah ini ya, ada cuplikan sedikit keadaan di dalam compartmen.

Menjelang shubuh kira-kira pukul 3.30, saat bus masuk terminal Pulo Gebang Pop langsung pesan Gocar. Sebetulnya di depan pintu keluar banyak taksi dan mobil online juga, tapi gw males melihat mereka menyerbu semua yang keluar dari terminal.

Sebelum adzan shubuh sudah sampai apartemen lagi. Home sweet home, langsung ngasih makan ikan mas koki  terus lanjut tidur  habis sholat.

Perjalanan darat pakai sleeper bus memang jadi lebih lama, tapi buat ngerasain sesuatu yang beda saat liburan jadi pengalaman yang menyenangkan.

Buktinya Nayla bilang happy, ya iyalah liburan mau dimanapun pasti menyenangkan ya nak. Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan, kebersihan dan pakai masker. 

Kita sekeluarga sih masih pakai masker kalau di luar, apalagi gw si lulusan S2 covid๐Ÿ˜. Jangan lupa untuk bahagia ya bye ....

Komentar

  1. Seruuuuuuu. Aku kangeeen ih jalan2 ke Semarang dan Jogja. Itu jadah tempe, aku bisa byangin rasanya. Belum pernah makan, tapi mau beli kuatir yg makan aku sendiri ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Suami ga doyan samasekali, anak2 cuma suka tempe goreng ๐Ÿ˜…

    Bakmi jowo nya aku pengeeen . Tiap ke Jogja ga pernah berhasil nyobain bakmi Jawa yg legend. Pasti belinya yg biasa. Soalnya yg lgend rame dan lamaaa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.

    Naah bis sleeper ini aku blm pernah coba juga mba. Soalnya selama ini aku memang pilih2 kalo naik bus. Hrs yg seat nya 2-1, hrs yg bagus, premium. Krn aku trauma dulu pernah naik bis yg jorok, sampe ada bekicotnya nemepl di dinding ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Sejak itu ga pengen naik bis. Lebih milih KA atau pesawat.

    Tapi kayaknya bis skr udh BGS yaaa. Makanya kepikiran utk nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang gak masalah sama lamanya perjalanan kalau pakai bus wajib coba mba. Apalagi kemarin aku lihat di YT sleeper bus keluaran juragan 99 (yang sudah pasti busnya kece) ngeluarin sleeper bus jurusan malang kalau gak salah, selain compartmennya kece, kamar mandinya juga lebih luas dan nyaman jadi pingin nyoba kapan-kapan. Makasih loh mba Fanny sudah mampir ke sini

      Hapus

Posting Komentar