Balada Si Jempol Kaki

Hi Mom...

Sejak berumah tangga "kecelakaan" ringan hingga berat itu ternyata paling sering terjadi di rumah. Kayak kena cipratan minyak  atau air panas, kena pisau pas lagi motong sesuatu di talenan bahkan kena pecahan beling yang nyelip di sudut ruangan.

Ini memang pengalaman pribadi, makanya di kotak obat selalu sedia kayak tensoplast lengkap dengan obat merahnya. Thrombophop untuk memar (ini juga yang selalu saya bawa kemana-mana sejak punya anak), sama Bioplacenton gel untuk meredakan kulit yang kena cipratan air atau minyak panas.

Selain drama kecipratan tadi,  keseleo atau kecengklak gara-gara salah melangkah waktu menuruni anak tangga juga bisa jadi masalah serius. Gw pikir sudah di anak tangga terakhir ternyata masih ada sisa dua undakan, jungkir baliklah ke bawah (pastinya), hasilnya pergelangan kaki bengkak karena menahan gerakan tiba-tiba.

Tapi ternyata ini belum seberapa dengan kejadian yang gw alami saat bulan puasa tahun ini, bahkan sampai harus di rontgen di Radiologi segala. Kalau sekarang baru gw cerita rasanya sih gak basi, karena tulang jempol kaki gw masih retak.

"Radiologi.jpeg"
Wadaaaaw kok bisa retak? jadi ceritanya ketika gw melangkah di depan kamar mandi ternyata ada tetesan air, keplesetlah gw dengan sukses. Meluncur hingga mentok ke pintu balkon yang bagian bawahnya dari besi baja.

Sedihnya jempol kaki sebelah kanan gw ini yang mentok di pintu baja. Suakiiitnya gak terkira,  rasanya badan remuk redam dari atas kepala sampai bawah kaki. Susah deh diceritain gimana rasa sakitnya Jempol kaki yang mendadak bengkak dan memar.

"Jempol kaki kanan yang retak dan kiri yang normal.jpeg"
Semalaman gw nangis, suami memang ngajak ke rumah sakit tapi gw tolak. Soalnya buat bangun dari tempat tidur aja rasanya ga sanggup, sakit banget. Akhirnya jempol kaki di kompres pakai es batu. 

Padahal besoknya karena tanggal merah, kita sudah pesan hotel di Bandung. Suami ngusulin buat batal pergi dengan resiko uang yang sudah kita bayar untuk cek in di hotel gak bakal dibalikin.

Gw yang sudah terkapar masih sempat mikir untung rugi wkwkwkwk, gw bilang tetap jalan aja deh. Dengan resiko gw cuma bisa pakai sendal karena kakinya bengkak dan kalau harus jalan mau gak mau dituntun kayak oma-oma.

Untungnya besok paginya rasa sakit di kaki sedikit berkurang, jadi perjalanan ke Bandung gak terganggu. Suami gw sabar banget deh nemenin gw yang rewel kalo pas kakinya nyeri terus kalau jalan kaki super duper pelan.

Akhirnya ke UGD juga

Harusnya memang dari awal gw ke UGD tapi karena gak kuat bangun dan besoknya harus ke Bandung, gw menunda ke rumah sakit. Tapi akhirnya setelah satu minggu berlalu mau gak mau harus kesana juga

Pastinya ada pencetusnya kenapa akhirnya mau juga ke rumah sakit, itu setelah kita dapat kabar tante gw yang di Gorontalo terdiagnosa kena kanker tulang setelah sebelumnya dia mengalami kecelakaan motor yang mengakibatkan kakinya patah.

Tentunya gak sekonyong-konyong kanker tulang itu nongol, kecelakaan motor itu pasti hanya pemicunya. Itu cukup bikin gw takut, makanya langsung telfon rumah sakit terdekat yang ada fasilitas Radiologi untuk nanya jadwal bukanya.

Radiologi ternyata buka 24 jam, kita putuskan ke UGD habis antar Nayla ke sekolah. Kebetulan rumah sakitnya dekat dengan rumah dan sekolah Nayla.

"Pop nungguin di depan ruang Radiologi.jpeg"
Sebelumnya beberapa bulan lalu pernah nganterin Nayla juga ke Radiologi, karena tumitnya bengkak sedikit setelah kepleset pas mau naik ojol. jadi gw sudah tahu bagaimana prosedur.

"Di UGD 1.jpeg"
"Di UGD 2.jpeg"
Setelah kelar di rontgen, dokter UGD jelasin hasil rontgen ternyata nih jempol kaki gw itu retak dan geser sedikit. Pantes aja ya bengkak dan jempolnya jadi agak gemoy dan gak bisa nekuk sempurna.

Langsung deh dokternya minta suster jadwalin untuk pasang pen di jempol kaki lewat operasi kecil hari itu juga. Gw udah bilang tunggu dulu, mau nanya suami (kebetulan lagi keluar ruangan karena lagi angkat telfon) sama mau nanya ke grup keluarga dulu.

Tapi kayaknya mereka gercep banget langsung daftarin nama gw dan menghilang dari ruangan. Kesempatan itu gw gunakan untuk angkat telfon dari adek gw yang melarang gw untuk operasi, dia bilang habis operasi gw gak akan bisa langsung jalan. 

Selain itu setelah beberapa bulan, harus operasi lagi untuk mengeluarkan pen atau besi yang dipakai untuk merekatkan tulang yang retak atau patah. Prosedur ini juga sudah dijelaskan dokter, ini juga yang gw ketar ketir. 

Nah begitu suami gw masuk ruangan langsung diceritain secara singkat dan diminta langsung booking kamar karena jadwal operasi sore itu juga.

Gokil banget kok gw merasa mereka pas tau kaki gw retak, langsung di atas kepala gw kayak ada tulisan cuan..cuan...Karena kita pakai asuransi bukan BPJS waktu itu.

Karena mereka gak ngasih gw waktu untuk berpikir bahkan gak ngasih kesempatan ngomong dengan suami. Akhirnya dengan setengah memaksa dan kesel, gw minta suami untuk menunda booking kamar rumah sakit.

Setelah gw jelasin alasan gw gak mau operasi,  suami yang tadinya semangat 45 bahkan sudah minta izin untuk WFH segala biar bisa nemenin gw operasi akhirnya memutuskan untuk pulang aja.

Tentunya harus batalin janji dengan dokter bedahnya dengan alasan mau menenangkan diri dulu. O iya khusus untuk acara telfon-telfonan dengan dokter spesialis di ruangan UGD sebaiknya sebelum melakukan itu tanyakan dulu ke bagian asuransi di cover apa enggak.

Kecuali mom menggunakan BPJS yang kayaknya untuk bagian beginian di cover full. Balik lagi ke asuransi swasta, kalau ragu untuk dilakukan tindakan lebih jauh yang harus berhubungan sama dokter spesialis apalagi itu di ruang UGD, tanya dulu ke bagian asuransi di cover atau enggak.

Karena ternyata asuransi dari kantor suami gak mengcover biaya dokter spesialis (walaupun hanya konsultasi biasa) yang dilakukan di UGD. Kecuali bila terjadi saat pasien sudah fix daftar rawat inap.

Kejadian itu juga kita tahunya pas mau bayar ada biaya tambahan sebesar 600 ribu. Tapi kalau asuransi swastanya punya plafon yang besar gak usah khawatir ya kan😁.

Makan putih telur yang banyak

Yup ini saran dari banyak orang, biar bagian tulang yang retak cepat rapat lagi. Jangan kasih beban yang berat untuk bagian yang sedang bermasalah.

Biasanya sih untuk anak-anak beberapa bulan saja tanpa operasipun sudah cepat kembali ke kondisi semula. Tapi untuk yang usianya sudah ranum kayak gw dan sudah pernah melahirkan perkiraan tulang merapat kembali bisa lebih lama.

Gw juga beli macam-macam decker untuk jempol kaki lewat online. Karena kalau di toko offline kebanyakan untuk dengkul dan jempol tangan

Pasrah aja deh, daripada harus ngalamin operasi bolak balik dan susah jalan juga. Pelajaran buat semua yang di rumah, gw jadi lebih bawel kalau melihat ceceran air tumpah dan gak buru-buru di pel ngeri kepleset lagi euy.
"Decker jempol kaki.jpeg"
Sekarang setelah 5 bulan Jempol sudah bisa ditekuk, gak terlalu bengkak lagi. Tapi memang kalau diperhatikan lebih seksama terlihat bentuk tulang jempol kanan beda bentuknya dengan jempol kiri.

Semoga nanti bisa rapat sempurna lagi tulangnya Aamiin. makasih ya buat yag sudah mampir di blog ini, jaga kesehatan dan jangan lupa tetap pakai masker Jakarta debunya parah banget nih. Bye.....

Komentar

  1. Mbaaaa aku ngiluuuuuu bayanginnyaa 😭😭. Duuuh pasti sakiiit sih itu. Aku yg pernah ngerasain jempol kepentok pintu dikit aja sakiiit. Apalagi sampe retak.

    Memang sih mba, yg namanya asuransi dr kantor, hrs dipastiin dulu apa yg dicover dan apa yg ga. Jangan sampe kita mikirnya dicover, eh ternyata ga 🀣🀣. Yg ada pusing dah bayar tagihan. Mnding kalo dikit yaa.

    Cepeet sembuh mba Hanny. Moga jempolnya bisa makin rapat kayak semula.πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih doanya mba Fanny, semoga gak ngalamin ya mba, sakitnya aduhailah. Apalagi tulang sudah gak kayak tulang anak-anak yang gampang sembuh. Makasih sudah mampir di blog ini ya

      Hapus

Posting Komentar