Si Paling Oily Skin Cucok Dengan Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen

Hi Mom...

Percaya gak kalau sunscreen alias tabir surya baru mulai gw pakai beberapa tahun terakhir ini. Padahal dulu sebelum menikah dan masih jadi jurnalis, liputan bisa dimana saja.

"Aman seharian, Kacamata hitam & Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Bisa di ruangan ber-AC atau seharian di jalan, meliput demo tengah hari bolong. Mungkin belum merasa perlu karena waktu itu gw selalu pakai topi dan semprot vitamin C ke muka terus, lantas merasa cukup untuk urusan kulit muka.

Hingga ketika menikah dan punya satu putri bernama Nayla, gw mulai melihat saat dia mulai masuk SMP dan mulai rempong dengan semua perlengkapan lenongnya, sunscreen salah satu benda wajib yang selalu dia beli.

Ketika tahun 2021 saat covid lagi tinggi-tingginya, udara juga panas banget kan, jadi kalau keluar rumah untuk keperluan yang penting selain pakai masker, sunscreen jadi andalan untuk dioles di wajah. 

Ternyata manjur banget, kulit muka adem. Lebih terasa lagi kegunaannya saat kita terpapar covid dan harus isolasi mandiri di rumah, berjemur di balkon jadi kegiatan rutin tiap hari.

Tekstur ringan laksana air

Tahu gimana rasanya pakai sunscreen yang ringan banget kayak air? happy😍. Pemakaiannya langsung sat set sat set gak perlu nunggu lama buat kering, karena secepat itu ngeblend di kulit muka.

Bahkan oke juga ketika di touch up di wajah yang sudah pakai make up. Jadi ceritanya jelang Natal akhir tahun 2023 kemarin kita sekeluarga ikut touring naik motor (ya iyalah naik motor😁) bareng keluarga besar.

Selain masker, helm yang proper, jas hujan dan sepatu boot, sunscreen jadi andalan tentunya. Di jalan kita berhenti untuk makan dan sholat, sayang habis sholat gw lupa pakai sunscreen lagi langsung pakai bedak.

Untungnya sebelum naik motor, adik dan keponakan pada pakai sunscreen. Langsung deh ikutan oles di muka, selain bikin muka adem ketika meresap krimnya gak lengket dan ternyata make up anti geser karena blush on tetap kelihatan dong.

Ukurannya travel friendly jadi bisa dibawa kemana-mana,  Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen memang secakep itu. Yuuup setelah beberapa kali mencoba merek lain, produk yang baru di launching September 2023 lalu ini bikin gak pingin ke lain hati alias gak pingin merek lain.

"Me & Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Sunscreen Ultra Light Scarlett Whitening

Tabir surya ini mom dalam proses pembuatannya menggunakan teknologi Hybrid Sunscreen, sehingga lebih efektif melindungi kulit dari sinar UVA & UVB. Teksturnya juga ringan seperti air menjadikan lebih mudah menyerap ke dalam kulit muka hanya dalam 20an detik saja, wooow gak perlu menunggu lama.

"Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Semakin maksimal lagi karena ada perlindungan dengan SPF50+ PA++++ yang sudah teruji lab In Vivo & In Vitro. FYI Lab In Vivo itu pengujian sel dari organisme produk yang dilakukan kepada makhluk hidup sedangkan In Vitro pengujiannya melalui alat laboratorium.

Tambah yakin dong sama kandungannya apalagi semakin kumplit dengan adanya hero ingredients 7X Ceramide & 9X Hyaluronic Acid yang menjadikan kulit terlindungi sekaligus merawat skin barrier serta melembabkan. Nanti gw jelasin lebih kumplit ya apa sih hero ingredients itu.

Produk ini cocok digunakan bagi kulit berminyak kayak gw ini. Kulit jadi lebih moist tapi gak bikin lengket. Yang bikin happy lagi produk ini produk lokal dan sudah halal ya mom.

Manfaat nya apa saja:

  •  - Melindungi kulit dari sinar UVA & UVB
  • - Memproteksi kulit secara maksimal dengan penyerapan cepat hanya 20an detik saja!
  • - Melindungi dari sinar biru gadget dan cahaya elektronik lainnya
  • - Menangkal sunburn dan tidak whitecast
  • - Merawat skin barrier wajah serta melembapkan

"Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Hero Ingredients:

7X Ceramide: membantu merawat skin barrier kulit, sehingga kulit tidak hanya terlindungi dari sinar matahari, namun juga semakin terawat setiap harinya.

9X Hyaluronic Acid: membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit.

D-Panthenol: Kandungan ekstra yang melindungi wajah dari iritasi.

Cara Pemakaian:

Gampang banget mom, kulit muka yang sudah dibersihkan oles dengan serum dan krim pagi setelah meresap baru ambil sunscreen di dua ruas jari kamu, lalu oleskan secukupnya pada wajah dan leher, kemudian tunggu deh 20an detik untuk meresap dengan sempurna.

"Nayla & Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Sebegitu pentingnya ternyata, jadi terfikir bagaimana dengan para petani yang seharian di kebun atau di sawah. Apa mereka memakai sunscreen? bagaimana nasib kulitnya?.

Tapi walau gak tahu mereka pakai atau enggak, kostum mereka Ketika bekerja di luar  memakai baju dan topi lebar yang melindungi wajah dan kulit. Artinya kan mereka juga tahu kena panas matahari berlebihan gak menyenangkan.

Jadi pingin tahu lebih jauh deh tentang sinar matahari ini.

Manfaat sinar matahari untuk manusia antara lain:

  • Menjadi pasokan berlimpah vitamin D alami yang bagus untuk tulang.
  • Meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh jadi kalau malam bisa tidur dengan nyenyak. 
  • Membantu kesehatan mental karena meningkatkan kadar serotonin dan reseptor dalam otak. Akibatnya suasana hati jadi lebih baik, mental jadi tenang dan fokus.
  • Mengurangi resiko kematian. Buat yang menghindari sinar matahari resiko kematian menjadi dua kali lipat dibandingkan yang mendapat vitamin D dari sinar matahari.
  • Menurunkan darah tinggi. Ketika sinar matahari mengenai kulit Anda, tubuh Anda melepaskan sesuatu yang disebut oksida nitrat ke dalam darah Anda. Senyawa ini menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 
  • Meningkatkan fungsi otak. Berjemur sebentar di bawah sinar matahari secara substansial dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan berpikir. 
  • Mencegah gigi berlubang. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D dan dapat mengurangi kerusakan akibat gigi berlubang.

Tuh banyak banget kan manfaat sinar matahari bagi manusia, tapi jangan salah paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis) pada kulit. Kondisi ini bisa berujung pada beberapa efek samping seperti:

  • Kerusakan Kulit: memberikan dampak pada penurunan struktur dan fungsi kulit. Kondisi ini juga memengaruhi perbaikan luka, imunitas, pigmentasi dan homeostasis lemak subkutan.
  • Resiko kanker kulit: berpotensi menyebabkan kanker kulit nonmelanoma pada manusia. Risiko ini berasal dari sinar UV matahari yang diserap masuk ke dalam lapisan kulit. Kemudian, menghasilkan eritema, luka bakar, dan akhirnya kanker kulit.
  • Kulit terbakar: Kondisi ini populer dengan istilah sunburn. Warna kulit saat terbakar akan tampak kemerahan, bahkan kecoklatan. Tak hanya itu, kulit jadi terasa perih saat tersentuh. Hal itu berpotensi memicu reaksi inflamasi yang juga menjadi risiko kanker dan penuaan dini.
  • Melasma: terbentuk akibat kelainan pigmentasi akibat paparan sinar UV dalam jangka panjang. Gangguan kesehatan ini muncul dengan gejala berupa bercak coklat atau abu-abu pada permukaan kulit.  

Ini relate banget dengan pengalaman pribadi sebelum memakai sunscreen muncul bercak bercak coklat di muka. Tapi setelah rajin pakai krim pagi dan malam, serum, retinol dan sunscreen bercak coklat gak bertambah bahkan semakin memudar. 

Melihat kita berdua selalu pakai sunscreen kalau mau keluar rumah atau berjemur, suami juga jadi terbiasa buat ikutan pakai. Apalagi dia lebih senang pakai moda transportasi umum kalau ke kantor ketimbang bawa kendaraan pribadi. 

Lebih baik terlambat daripada tidak pakai sama sekali kan, karena terasa banget bedanya setelah mulai rajin pakai tabir surya kalau keluar rumah. Sinar matahari memang bagus, apalagi dia sumber vitamin D gratis dari Allah tapi gak bagus untuk kulit kalau berlebihan.

"Me & Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen.jpeg"
Setelah tahu bagaimana manfaatnya sunscreen buat kulit kita, cobain yuk.  Belinya gampang kok, bisa pesan lewat Online Shop ini, tinggal duduk manis barang di kirim ke rumah. Jangan lupa cek gratis ongkirnya ya mom.

Kalau barang sudah sampai mom juga bisa cek keaslian produk scarlet di Link Cek Keaslian Produk. Perlu diingat ya mom hasil akhir sesudah pemakaian mungkin bisa berbeza pada setiap orang tapi setidaknya kita sudah memakai perlindungan yang tepat untuk kulit kita.
 
Makasih ya buat yang sudah mampir di blog ini, jaga Kesehatan dan jangan lupa pakai sunscreen dan masker kalau sedang di luar rumah. Yang gak kalah penting jangan lupa untuk bahagia, bye…

Komentar

  1. Tapi aku pernah baca yaaa, sebenernya sinar matahari baru berefek Vit D nya untuk bdn itu kalo langsung kena ke kulit. Jadi artinya hrs buka baju.sementara kita ga mungkin berjemur buka baju 🀣🀣. Kec ada balkon sendiri, boleh lah guling2 sebebasnya 😁

    Tapi sunscreen memang pentiiiiinv mba. Aku pun telat kok makenya. Padahal rutin skincare udh sejak SMP. Tapi memang sunscreen baru pas kerja. Krn dulu kan sunscreen blm terlalu digembor2in yak. Makanya telat bgt

    Tapi setidaknya skr, ke warung pun aku udh ga mau tanpa sunscreen πŸ˜„

    Bagus yaa scarlett? Aku ga pake ini sih. Tapi yg penting apapun brandnya, hrs cocok ama kulit kita dan konsisten pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu aku lakukan pas covid kemarin, suamiku jemur badan di balkon sambil buka baju, aku di kamar ya topples wkwkwkwkwk. kebetulan aku cocok karena gak lengket terus langsung meresap di kulit muka yang udah di oles serum, krim pagi dll.

      Hapus
  2. bisa dibilang aku sendiri termasuk telat menggunakan sunscreen, karena aku dulu mikirnya buat apaan, palingan sama kayak pake pelembab, dan selain itu juga karena males hahaha

    lama-lama sering baca review temen-temen juga, akhirnya aku punya sunscreen, dan ada bagian di wajahku yang kayak muncul bintin hitam gitu, kata mbak SPG di toko kecantikan, itu karena aku jarang pake sunscreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks aku juga karena males mba dan ada bintik hitam juga satu buah. Yah mending telat daripada enggak sama sekali ya mba

      Hapus

Posting Komentar