Candies Goes To Cirebon 2018

Hi Mom...
Kumpul untuk menjalin silaturahmi dengan teman teman dekat ketika kuliah dulu, masih bisa  gw lakukan di bulan Februari 2018 ini. Tapi kali ini rasanya harus menginap walaupun hanya sehari.

Karena pinginnya pergi yang agak jauhan. Setelah berdebat panjang kali lebar di grup WA berjumlah 10 orang ini, kota Cirebon mengalahkan Malang dan Bali.
Alasannya sih simple selain biayanya lebih besar, Malang sama Bali gak cukup kalau hanya menginap 2-3 hari. Padahal buat beberapa dari kita seperti gw dan Desi belum pernah ninggalin anak seharipun.

Jadi kalau mau mencoba menginap kayaknya yang 2 hari 1 malam dulu deh. Tahun kemarin kita sukses me time rame-rame ke Bandung tapi pulang pergi, (Candies Ngetrip di Bandung)

Habis itu berdebat lagi dong soal tanggal, apalagi buat yang punya anak masih kecil-kecil (kecil versi kita ya hi...hi...). Pastinya ada drama anak minta ikutlah, gak tegalah ninggalin mereka.

Akhirnya ketemu juga tanggal untuk ngetrip, 10-11 Februari 2018 pas akhir pekan. Langsung deh Ita  inisiatif pesan tiket untuk semua walaupun ada satu tiket yang salah bulan, soal tiket salah beli ini jadinya penuh drama juga deh.

Nah untuk urusan hotel sama mobil, gw ambil alih karena kebetulan sepupunya suami tinggal dan punya EO di Cirebon, pas kan. Namanya Rendra ini nomer wa nya 081360223199

Dia yang pesanin hotel dan menyediakan kendaraan untuk keliling Cirebon. Gak salah deh pesan lewat rendra, harga bisa lebih murah dari pesan online.

Kali ini kita pakai mobil yang besar, untuk 10 orang. Sedangkan hotelnya, kita booking 5 kamar di hotel Prima Cirebon karena Ega minta yang ada kolam renang.

Belakangan kamar hotel di cancel 1 karena Ika mendadak tugas ke Malaysia. Otomatis nanti ada yang sekamar bertiga.

Tapi Ega sudah menyiapkan nomer kocokan untuk memilih kamar, jadi kalau kebagian bertiga satu kamar ya gak bisa nolak dan satu  kocokan lagi untuk memilih kado (ceritanya sih kita mau tukeran kado).

Kelar dong ya (harusnya begitu) tapi ternyata ....... ada cerita seru lagi pas hari H nya. Nina bikin kita deg deg-an karena 2 menit sebelum kereta berangkat, dia baru sampai di gerbong kereta gara gara kereta dari Bogor sempat delay.
\
Tujuan pertama setelah sampai Cirebon, pastinya makan siang dong ya. Nasi jamblang Ibu Nur yang dipilihin sama rendra, walaupun sebenarnya gw pinginnya sih (lagi-lagi) nasi jamblang Mang Dul.

Gw lihat nasi jamblangnya modern ya, ada ruangan ber AC, sayangnya daun jamblang hanya sebagai alas makan bukan untuk membungkus nasi hangat seperti yang pernah gw makan di Mang Dul.

Tapi untuk makanannya hampir semuanya enak, karena kita pesan macam-macam lauk. Sambalnya juga juara, bahkan ada yang pesan empal gentong dan sate kambing.
Kelar makan Ita mengusulkan kita mampir sebentar ke Toko oleh oleh Pangestu karena di sini kumplit jual segala macam makanan hingga baju dan kain batik. Maklum miss jinjing sudah gatel mau belanja wkwkwkwk.
Dari Pangestu, kita sholat dhuhur di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Kebetulan mesjid ini sebelahan sama Keraton Kasepuhan, jadi bisa sekalian kita tur kesana.
Foto: Lenitha Safitri
Sayang waktu kita kesana gak bertemu Sultan, tapi  kita bisa lo makan bareng Sultan. Pastinya dengan biaya tertentu untuk jumlah minimal 20 orang dan tentunya harus pesan jauh-jauh hari.

Boleh juga ya kapan kapan gw coba (tapi perasaan kok Sultan jadi dikaryakan gituπŸ˜€)Kampung batik Trusmi Jadi tujuan kita selanjutnya. Kayaknya kalau ke Cirebon tapi gak kesini belum kumplit. Kalau gw sih lebih  ngincer mau beli cake banana yang gw suka sama cakenya Andika Pratama😁.

Karena kebetulan di Trusmi ini selain menjual segala macam kain dan baju batik yang banyak macamnya,  dia juga menjual segala macam makanan dan oleh-oleh khas Cirebon mirip toko Pangestu tapi versi besar dan kumplit.
Karena ini perjalanan 2 hari 1 malam, hari sabtu ini harus dipadatkan jadwalnya. Walaupun badan sudah lelah pingin mandi dan rebahan di hotel, tapi kok rasanya nanggung kalau harus balik dulu ke hotel.

Makanya kelar dari Trusmi kita makan dulu sebentar di Mie Koclok PanjunanMienya mirip mirip mie celor dari Palembang. kuahnya kental karena pakai santan, tepung maizena, sayuran tauge dan daun bawang. Dikasih toping ayam suir rebus yang enak dan irisan telur rebus.
Lumayan buat nganjel sebelum kita bermalam minggu lihat Cirebon waktu malam di Klapa Manis

Sayang hujan dan spot foto yang bagus sudah full di booking. Untuk makanan sih lumayan enak, kebetulan kita hanya pesan makanan ringan.
Habis dari Klapa Manis, badan rasanya sudah gak bisa diajak kompromi maunya buru buru balik ke hotel, mandi dan rebahan eh  ternyata masih ada acara tukar kado deh (harganya gak boleh kurang dari 100 reban)πŸ˜€.

O iya dari hasil kocok nomer kamar tadi siang gw sekamar sama Vivi, Ega sama Ita, Bonny, Mila dan Nina satu kamar.

Hesti dan Dessy kamar yang ke 4 (ini sudah ada yang minta tuker teman sekamar sebelumnya ahaaaay, lainkali gak boleh kan kasihan teman sekamar yang ditukar).

Di penghujung malam, Bonny masih sempat buat pesan nasi goreng kambing dan ayam lewat Go Food buat kita. Alasannya sih pas di Klapa Manis tadikan belum makan malam hi..hi...
Akhirnya pulang juga kita, minggu 11-2-2018. Setelah sarapan bareng (ada empal gentong enak di prasmanan kita bolak balik nambah). Kita nyolong waktu untuk keluar sebentar, ada yang berenang dan ke pasar pagi karena ada oleh-oleh yang masih belum dibeli.

Sementara gw sama Vivi, Hesti dan Ega memilih lihat car free day yang sudah hampir kelar, dimulai dari depan hotel.
Aaaah tahun depan kita ngetrip bareng lagi ya gaeeees, nabung dong ya biar bisa jalan jauhan dikit lagi (impiannya sih bisa umroh bareng Aamiin).