#AyoHijrah & Umrah Bareng Bank Muamalat Indonesia

Hi Mom....
Bagi yang muslim kapan menurut Anda waktu yang tepat untuk berhijab?... kalau menurut saya waktu yang tepat adalah ketika semua orang sudah tidak ribut meminta saya untuk berhijab hi...hi...

Saya ini tipe yang paling males kalau diminta melakukan sesuatu hal tapi menyuruhnya dengan nada memerintah plus ditakut takutin dengan dalil dalil agama, kalau enggak pakai hijab nanti begini, nanti begitu... endebrai endebrei.

Bukan.. bukan karena saya gak pingin berhijab justru saya mau, apalagi kalau melihat beberapa teman dekat saya pas berhijab cantiiiik banget tapi tetap sporty dan bisa melakukan apapun yang dia suka.
.
Tapi kalau saya langsung meng-iyakan ketika mereka (mami, mama mertua, kakak, adek ipar) menyarankan untuk berhijab, berarti saya menutup rambut saya karena mereka dong bukan karena keinginan saya (ini menurut saya ya).

Belum lagi kalau ada yang tiba tiba bertanya eeeh sekarang berhijab ya, kenapa gak dari dulu, pantes lo, cantiiiik, udah terusin saja makainya, iiiiiiih tambah mules eh males deh.
Makanya begitu ada rencana untuk pindah ke rumah baru, dalam hati kecil saya berjanji, di sana saya akan mulai berhijab, apalagi kebetulan kami membeli apartemen untuk tempat tinggal yang baru, pastinya orang orangnya lebih individual lagi, gak bakalan ada yang rempong.

Disaat lagi galau galaunya tiba tiba Nayla anak saya bilang pingin berhijab, saya bilang (maaf ya nak) jangan dulu dong, mama kan belum berhijab, malu kan masa anaknya berhijab, mamanya masih senang pakai rok mini.

Tapi sebetulnya saya bingung karena anak saya lagi senang senangnya balet terus gimana kalau dia berhijab  bisa berhenti dong, tahu kan baju balet gimana?.

Saya langsung dapat jawabannya ketika dia pindah balet ke Namarina, disana semua anak dari berbagai bangsa ada, bahkan juga yang berhijab!!!, mereka punya kostum khusus, yang memungkinkan mereka bergerak dengan bebas, bahkan bentuk hijabnya cantiiiik banget.

Aaaah ternyata hijab tidak menghalangi dan membatasi ruang lingkup manusia untuk beraktifitas dan berkarya. Makanya di tahun 2015 pas awal puasa ketika habis berbuka puasa, saya meminta suami saya buat mampir ke toko hijab dekat rumah saya.

Rencananya ngumpulin dulu macam macam model hijab plus dalaman, saya hanya punya 2-3 buah selendang, biasanya ada buka puasa bareng di sekolah anak saya, orang tua  juga hadir, dan memakai baju muslim untuk yang beragama Islam, hanya itu rencananya, tapi belum tahu kapan mau memulainya.

Beberapa hari kemudian ketika akhir pekan, seperti biasa kita rencananya mau nonton film dan buka puasa bertiga dengan suami dan Nayla, tanpa rencana apapun saya pakai hijab taraaaaaa.

Begitu keluar kamar suami saya kaget, "Eh katanya mau ngumpulin dulu", saya kaget juga, iya juga ya kok saya lupa dengan rencana saya, gak mikir apa apa pas makai hijab, cuma merasa senang karena semua perlengkapan untuk berhijab sudah kumplit (baju sih kebanyakan pakai yang lama, yang lengan pendek saya pakai manset di dalamnya).

Apa ini yang namanya hidayah? karena Nayla spontan bilang berarti mama dapat hidayah, hati mama disentuh sama Allah katanya, aaaah anak kecil ini yang kala itu berumur 8 tahun, kayak tahu saja apa artinya hidayah hi...hi....

Apakah ini juga yang namanya hijrah? yang saya tahu dari google, hijrah dalam Islam itu berarti meninggalkan apa yang dibenci Allah, menuju apa yang dicintai-Nya, atau yang dikenal dengan istilah "hijrah kepada Allah dan Rasulnya".

Aaaah rasanya kok saya belum ya, karena saya ini masih gampang naik darah dan berkata (maaf) kasar kalau lagi marah atau bete yang parahnya itu ke suami dan Nayla.

Untung nih suami saya ini sabaaaaaaaaaaaaaaaaar banget sama saya, dia bilang kita sama sama belajar, belajar untuk jadi orangtua, belajar untuk jadi muslim yang lebih baik lagi.

Sejak dua tahun lalu kami bertiga belajar untuk menyempurnakan apa apa yang belum dilakukan yang berhubungan dengan agama, belum sempurna pastinya tapi minimal kami berusaha untuk hidup lebih baik.  

Walaupun akhirnya Nayla batal berhijab karena anak SD yang mau beranjak abege ini ternyata masih galau, tapi yang pasti dia selalu pakai busana yang sopan, sekolahpun roknya panjang.

Mimpi Umrah Ber-Tiga
πŸ’™πŸ’šπŸ’›πŸ’œπŸ’—
Loh kok mimpinya cuma umrah, aaah saya tidak mau muluk muluk untuk urusan ini, kalau naik haji lama menantinya bikin saya hopless apalagi saya belum daftar sama sekali, walaupun nanti ada rizki untuk berhaji ya pasti saya daftar dong.

Saya lihat bagaimana perjuangan mami saya, setelah bapak  meninggal dunia, mengumpulkan uang sendiri tanpa kami tahu, dan menanti bertahun tahun untuk naik haji, hingga akhirnya tahun 2011 beliau bisa berangkat haji, saya takut tidak sekuat mami kalau saya dapat kesempatan berhaji (tapi rencana Tuhan tidak ada yang tahu kan).
Mami ketika berhaji
Sedangkan untuk berangkat Umrah, kalau punya uang dan niat, besok juga bisa berangkat😍 Keinginan untuk umrah ini sih sudah dari sebelum saya berhijab, dan ketika saya lagi belajar untuk hijrah menjadi muslim yang lebih baik, keinginan ini makin menguat.

Tapi belum ada keleluasaan rezeki, karena adaaaa saja keperluan duniawi yang harus dipenuhi, tapi Allah tahu apa yang kami lakukan untuk keluarga dan pastinya Dia tahu betapa kuat niat kami, dan Dia juga tahu sudah berpuluh puluh orang yang dititipi pesan untuk mendoakan agar kita bisa berangkat umrah.

#AyoHijrah
πŸ’™πŸ’šπŸ’›πŸ’œπŸ’—
Tetiba kami melihat hestek #AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia, kok seperti yang sedang kami lakukan ya, ternyata nih PT bank Muamalat TBK sejak 8 Oktober 2018 lalu, sudah gencar mengajak masyarakat berhijrah, khususnya dalam hal layanan perbankan. 
foto milik Bank Muamalat
Mereka mencoba memperluas fungsi perbankan, yang biasanya hanya menyediakan layanan perbankan syariah, juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan keislaman dalam dirinya jadi hijrahnya gak nanggung nanggung, ibadah dan cara mengelola keuangannya juga jadi lebih baik.

Cita cita bank Muamalat kepingin menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah biar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim dan membangun industri halal di Indonesia.

Industri halal?, duh kayaknya mustahil, kan pernak perniknya banyak apa mungkin bisa halal 100 persen?. Tapi setelah saya baca ternyata bank yang berdiri sejak tahun 1992 ini tidak menginduk dari bank lain, jadi terjaga kemurnian syariahnya.
Foto milik Bank Muamalat
Ternyata fasilitasnya sama lengkapnya dengan bank lainnya. Yang membuat saya makin tertarik nama tabungan tabungan yang ada di bank muamalat sekarang dikasih kata hijrah di belakangnya.

Seperti: Tabungan iB Hijrah, Tabungan iB Haji dan Umrah, Tabungan iB Hijrah Rencana, Tabungan iB Prima Berhadiah dan Deposito iB Hijrah.

Kok seperti pertanda sih ini, ada tabungan syariah untuk haji dan umrah dikasih embel embel hijrah, Ngintip aaah...
foto milik bank Muamalat
Keuntungan Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
- Lebih praktis, tidak perlu bawa uang tunai berlebihan ke tanah suci, cukup membawa kartu Shar-E Debit Muamalat.
- Lebih nyaman, beragam nominal standing instruction bulanan maupun harian, tanpa harus repot repot ke kantor cabang atau atm
- Lebih Ringan, kalau mau mindahin dana kita ke rekening tabungan iB hijrah haji gak dikenakan biaya loh.
- Lebih banyak bonus dan hadiahnya
- Suvenir eksklusif berupa perlengkapan haji dan umrah
- Sebagai nasabah kita berkesempatan mendapat hadiah umrah bebas biaya (program Rezeki Haji Berkah), selagi menunggu keberangkatan haji selama periode program berlangsung uwooooow, pingiiin.    

Makin tertarik saya dengan bank ini, jadi pingin tahu sejarah berdirinya bank Muamalat.

Sekilas Tentang Bank Muamalat
πŸ’™πŸ’šπŸ’›πŸ’œπŸ’—
Penggagas berdirinya bank syariah pertama di Indonesia ini ternyata Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan para pengusaha muslim.

Sejak beroperasi 1 Mei 1992 (27 Syawal 1412H), bank ini sudah melakukan terobosan terobosan dengan mengeluarkan produk Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan Multifinance Syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance).

Museum Rekor Indonesia (MURI) ternyata pernah memberikan penghargaan untuk bank ini, ketika mereka mengeluarkan kartu debit syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia tentunya dengan layanan mobile banking, internet banking, ATM  

Bank ini melebarkan sayap dengan terus menambah jaringan kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Pada tahun 2009, Bank mendapatkan izin untuk membuka kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia dan menjadi bank pertama di Indonesia serta satu-satunya yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia. 

Menginjak usianya yang ke-20 pada tahun 2012, Bank Muamalat Indonesia melakukan rebranding pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank syariah Islami, Modern dan Profesional. 

Bank pun terus memberikan pelayanannya yang semakin beragam dengan memberikan layanan terbaik seperti Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) berupa layanan pembiayaan syariah, (DPLK Muamalat)  layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dan Baitulmaal Muamalat untuk menyalurkan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). 

Bagaimana sih cara Kerjanya Bank Muamalat Indonesia
πŸ’™πŸ’šπŸ’›πŸ’œπŸ’—
Sama halnya dengan bank lainnya, Bank Muamalat juga terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tapi untuk pengelolaan dananya didasarkan pada prinsip prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh dewan yang disebut Dewan Pengawas Syariah.

Bank Muamalat juga memanfaatkan perkembangan teknologi, bank ini memiliki fasilitas Mobile Banking, Internet banking, ATM dan kantor cabang di dalam dan luar negeri.
 

Ada beberapa hal tentang bank Syariah, yang saya ambil dari link bank Muamalat seperti:
MURABAHAH adalah Akad jual beli tapi sebelumnya harga dan keuntungan disepakati antara penjual dan pembeli. Barang bisa diserahkan setelah  terjadi akad jual beli dan byarnya juga bisa dilakukan secara mengangsur/cicilan atau sekaligus.

SALAM Jual beli dengan cara pemesanan,  pembeli memberikan uang terlebih dahulu terhadap barang yang telah disebutkan spesifikasinya, baru barang dikirim kemudian, Salam biasanya dipergunakan untuk produk-produk pertanian jangka pendek.

ISTISHNA’ Jual beli barang dalam bentuk pemesanan pembuatan barang berdasarkan persyaratan serta kriteria tertentu, sedangkan pola pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan (dapat dilakukan di depan atau pada saat pengiriman barang). 
foto milik Bank Muamalat
Cara kerja perekonomian seperti ini kan memang yang bikin nyaman jadi tidak akan ada yang dirugikan. Kalau mom mau ngepoin lebih lengkap tentang bank yang Islami luar dalam ini (menurut saya ya) bisa klik link di bawah ini: 
Rasanya info tentang #AyoHijrah dari bank Muamalat yang berulang tahun ke 27 tahun ini, makin memantapkan kami untuk gak nanggung nanggung kalau mau berhijrah, jadi gak hanya pelaksanaan agama di perbaiki, cara bertransaksi untuk urusan duniawi juga harus yang halal dan insya Allah apa yang kami cita citakan Umrah bertiga bisa terlaksana, Aamiin.

Komentar

  1. Untuk layanan perbankan syariah, aku juga percayakan dg Bank Muamalat Syariah

    BalasHapus
  2. Bank Muamalat nih pelopor Bank yang bebas bunga, pastinya insyaallah jadi berkah kalau bertransaksi perbankan di sini

    BalasHapus
  3. Waaah, alhamdulillah sekarang sudah berhijab ya mbak. Muamalat sudah dikenal lama sebagai bank syariah ya, jadi pengen nabung buat umroh

    BalasHapus
  4. Makasih mba, semoga terwujud keinginan umrahnya ya, Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar