Jumat, 12 Februari 2021

Mendadak Jadi Breeder Ikan Lemon Guppy

Hi Mom...

Bulan Januari 2021 gw punya bayi nih, tapinya bayi ikan lemon guppy mom ha...ha...Apakah gw berhasil mengembang biakan mereka?.

Mama Lemon guppy yang berbahagia
Tentu tidak dong, kejadian ini terjadi gak sengaja, beli dua ekor ikan guppy warna lemon cuma buat nemenin cupang di aquarium. Kalau ternyata dia cewek dan lagi hamil tua juga taunya pas ikan sampai rumah (pas beli tulisan ikan betina terlewat ha...ha...).

Salah seekor lemon guppy ini perutnya genduuuut semok gitu, iseng gw bilang ke Nayla si lemon kayak lagi hamil ya. Gak taunya bener pulang dari rumah omanya Nayla gw lihat di aquarium ada dua ekor bayi ikan warna kuning.

Waaaaks beneran lahiran si ibu ikan, begini nih kalau beli online cuma berdasarkan nepsong sama warnanya, gak ingat keterangannya kalau dia cewek.

Malam itu juga langsung deh gw cari tempat buat mindahin bayi bayi warna kuning ini. Karena kata google kalau gak dipisahkan, ibu bayi dan ikan ikan lainnya bisa khilaf mengira mereka makan malam yang gw sediain.

Mereka ini lucu deh bentuknya kayak balon yang ada talinya tapi ada matanya dua. Kalau dipikir pikir kek alien gitu hi...hi...

Pagi harinya lahir lagi 4 ekor total semuanya ada 6 ekor, mereka ulang tahunnya tanggal 16 dan 17 Januari 2021. Gw gugling mereka bisa lahiran 6-100 ekor ngoooks.... Untungnya yg ini stop di angka 6πŸ˜‚.

Eh tapi perut si ibu yang habis lahiran (ada dua lemon guppynya) udah gendut lagi nih. Karena ternyata mereka ini ternyata cukup kawin sekali, spermanya disimpan berbulan bulan di perut yang nantinya bisa untuk membuahi telur telur yang sudah matang.

Kalau lahir lagi, ai kasih ajalah anaknya ke Dimas Adiarto Sudjiman kayaknya atau ke siapapun yang mau adopsi.

Lahiran lagi cuy...
Yup tanggal 30 dan 31 Januari (2 minggu kemudian setelah lahiran yang pertama) lahiran lagi kali ini 10 ekor woooow joos banget si ikan. Sementara ikan satunya lagi sepertinya sudah mulai menggendut juga, berarti dua duanya sempat dibuahi sebelum di jual.

Nayla sampai bilang mama gak tau ya 10 ekor itu dari ikan yang mana. Ini pertanyaan kedua tersulit setelah pertanyaan siapa bapaknya si anak anak ikan ini yeeekan.
Gw sebagai emak sambungnya bingung, apakah harus bawa mereka juga kalau staycation, seperti halnya si Casper baby cupang dumbo ear warna putih yang gw tenteng kemana mana, karena gak ada orang di rumah dan makanannya harus di ulek biar haluuuus banget. (Staycation Santuy)
Dari kemarin sudah cari cari orang buat adopsi baby baby yang baru lahir. Ai kan cuma pingin jadi penikmat aja, bukan jadi breeder alias yang mengembangbiakkan ikan😎😎.

Ada yang adopsi yaaaaay....
Akhirnya tanggal 2 Februari 2021 ada sahabat gw Shanti Cakrawala (karena dulu kerja di radio cakrawala) bekas teman liputan, yang bersedia buat mengadopsi 8 ekor anak ikan lemon guppy usia 4 hari.
Shanti saat serah terima ikan dengan pak suami
Kenapa hanya 8? dua lagi susah bener gw ambil, lincah nyelib nyelib. Kadang malah gw gak lihat, takutnya sudah di makan sama ikan mas koki.

Besoknya Shanti kirim video bayi bayi gw ini sudah berenang dengan gumbira sambil mengejar ngejar ncu (anak nyamuk). Syukur deh di gw mereka hanya akan dapat pelet Aqualife, gak berani ngasih cacing atau ncu jijai eke.

Bakalan ada yang lahiran lageee nih
Keknya sih gitu, karena gw lihat perut lemon guppy satunya lagi sudah mulai genduuuut. Dia ini belum pernah lahiran selama jadi ikan gw.

Ketika tulisan ini di publish tanggal 13 februari 2021, baby yang lahir duluan sisa 5 ekor karena 1 ekor mati tanpa sebab jadi sekarang usianya kurleb 1 bulan 2 minggu dan 1 ekor baby usia 2 minggu (berhasil gw ambil 1 dari aquarium) eke bawa staycation.
Kali ini Casper si dumbo ear ikan cupang warna putih gw tinggal karena dia sudah bisa makan tanpa dihaluskan. Resiko punya hewan peliharaan kalau kita menginap di luar dan gak ada tempat buat nitipin, ya ditenteng deh.

Sepertinya pulang dari staycation kita bakal dapat kejutan ada baby baby lagi di aquarium. Nanti gw update ya mom, kalau ikan ikan ini sudah besar dan bisa masuk aquarium campur dengan ikan ikan lain.

Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan tapi jangan lupa untuk bahagia ya.

2 komentar:

  1. Astagaaaaah, banyaaak yaaa kalo sekali lahiran :D. Dan aku baru tau kalo ikan bisa nyimpen spermanya gituuuuu. Menarik jugaa sih :D.

    Untungnya udh ada yg mau adopt ya mba :). Aku kalo ikan ga telaten. Apalagi ada kucing hahahaha. Bisa habis ditakut2in Ama si mpus -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkw biasanya yg punya ikan hias di rumah gak punya kucing, atau kucingnya di kandamg aja ya mba.

      Aku juga baru tahu setelah ikan yg sama lahiran lagi

      Hapus

Gagal Divaksin Covid-19

Hi Mom... Setelah penantian panjang akhirnya dapat juga jadwal untuk divaksin Covid-19. Maklum gw kan sekarang sudah gak bekerja, bukan gur...