Hari Bersama Sheila On 7 di Semarang

Hi Mom...

Akhir bulan Juni lalu tepatnya tanggal 25 Juni 2023, gw sama Nayla akhirnya bisa nonton konser Sheila on 7 walaupun harus ke Semarang.

"Duta, Sheila on 7 (1).jpeg"
Mau gak mau, soalnya awal tahun 2023 ketika Sheila konser di Kemayoran Jakarta gw gak nonton karena barengan jadwalnya sama saat gw jalan ke luar kota. Kebetulan waktu itu kantor pak suami KATADATA jadi media partner konser Sheila on 7 di Kemayoran.

Sedangkan Konsernya yang di Yogyakarta, gw telat infonya. Tiket sold out hiiiiks.

Gak tahunya awal Mei gw dapat info dari Itha sahabat gw kalau dia sudah pesan tiket Konser yang di Semarang bahkan sudah pesan hotel segala. Dia lupa mesenin gw saking banyaknya Konser-konser yang mau dia tonton tahun ini😍.

Akhirnya gw DM lah penyelenggaranya Buzz Youth Fest, mereka bilang masih ada kok tiketnya. Tapi ya gak bisa dapat lagi harga presale, tinggal harga terakhir 270rb.

"Sheila on 7.jpeg"
Karena acaranya di Stadion Diponegoro, biarpun harga beda gak ada kelas-kelasan tiket semua area festival alias berdiri semua bisa bebas jejingkrakan.

Tadinya gw cuma mau pesan satu aja, tapi berhubung Nayla sudah libur sekolah tanggal 25 Juni dan pop juga lagi acara di solo (Kerja Bareng dengan Nicholas Saputra) gw pesan 2 tiket. Masa iya Nayla gw tinggal di rumah ya kan, untung dia mau dan suka juga sama Sheila.

Beres pesan tiket konser, langsung cari kamar di hotel yang sama dengan Itha. Sedangkan tiket kereta api belum bisa dipesan, harus menunggu sebulan sebelum tanggal keberangkatan.

Do's & Dont's

Enaknya nonton konser saat ini semua info di share lewat medsos promotor, bahkan dikirimin email segala. Yang penting rajin-rajin mantengin akunnya.

Khusus untuk Konser di tempat terbuka ada beberapa aturan antara lain:

• Harus bawa jas hujan bukan payung,
  • Semua jenis kamera apalagi tongsis gak boleh dibawa.
  • Hanya hape yang diperbolehkan, ini untuk meminimalisir kehilangan barang.
  • Power bank
  • Air Pod, ya kali aja pingin ngafalin lagu-lagunya dulu
  • Kipas angin mini pastinya

"Perlengkapan nonton konser.jpeg"
Tapi pas hari H-nya teteup aja ada yang bawa barang yang dilarang, kelupaan bawa barang yang harus dibawa kayak jas hujan misalnya.

Tiket kalau mau dipindah tangankan juga harus bikin surat pernyataan dan ada KTP penjual dan pembeli. Tiket fisik gak ada untuk acara ini, karena gak harus tukar tiket.

Kita hanya dikasih barcode lewat email yang bisa di scan saat masuk sekalian dengan KTP pembeli. Calo sulitlah buat jual tiket yang sudah dia borong  banyak, apa yang mau dijual ya kan masa jual barcode.

Mereka kayaknya belajar dari penjualan tiket Coldplay, yang diborong banyak sama calo bukan yang memang pingin banget nonton mereka. Ssst... gw tadinya pingin ikutan war Coldplay tapi selain gak yakin bakal dapat, bingung juga mau nonton bareng siapa.

Gw gak pede nonton sendiri, suami gw juga bilangnya cuma tahu beberapa lagu dan takutnya gak bisa cuti pas tanggal konser karena jatuhnya di hari kerja. Itha partner in crime gw  kalo mau nonton konser pas tanggal nge war lagi ada kerjaan di luar kota.

Dia juga gak pingin ikut nge war disini, malah mau ikut yang di Singapore aja. Asem wkwkwkwkwk kalo di sana kan malah banyak perintilan yang harus dikeluarkan.

Dan kemarin dia ngabarin dia dapat tiket Coldplay di Tokyo waaaaks. Akhirnya setelah gw pikir-pikir gw kayanya cuma FOMO aja pas mau nonton Colplay lah tahu lagunya cuma 4-5 lagu itu juga gak hafal-hafal bangetπŸ˜„ ya sudah lupakaaan.

D-day

Happy dong pas mau jalan, karena Nayla ternyata juga suka Sheila on 7 dan mau nemenin emaknya nonton konser. Kita janjian sama Itha di stasiun Buaran habis itu kita lanjut ke Semarang lewat stasiun Bekasi.

Ternyata buat gw yang tinggal di Pondok Bambu- Jakarta Timur naik dari stasiun Bekasi ini bisa memotong jarak tempuh loh, biasanya kan kalau naik kereta keluar kota sudah harus sampai di stasiun Gambir pukul 6.

Sedangkan kemarin agak santai jalannya, 6.45 gw sudah di stasiun Buaran (10 menit dari Pondok Bambu) lanjut naik KRL ke stasiun Bekasi. Jam 7.27 KAI Argo Muria jalan dari bekasi sampai di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng (SMT) jam 12.10, asik kan.

Ternyata untuk perjalanan kali ini biarpun gw sudah bawa bekal burger, Itha bawain nasi goreng buat gw sama Nayla makan di kereta. Nayla si penggemar nasi goreng pastinya senang dong.

"Nayla & Nasi Goreng.jpeg"
Rencananya begitu sampai Semarang pinginnya bisa cek in lebih cepat, terus cari makan siang. Habis itu istirahat sebentar baru ke stadion selesai sholat maghrib karena beberapa yang tampil di konser (kecuali Nayla) kita ngeblank hi...hi... maaf ya.

Tapi bener loh gw cuma tahu Pamungkas karena lagu-lagunya sering gw pakai di IG story, dan kebetulan dia tampil sebelum Sheila.

Untungnya sampai Hotel Hollyday in express Kita beruntung bisa cek in lebih cepat walaupun baru dapat satu kamar. Minimal bisa taro tas dan sholat terus cari makan siang.

Makan siang sengaja gw ajak Nayla ke D'Kambodja HeritageD'kambodja yang dulu kita cobain pas Januari Liburan Ke Semarang bareng Itha. Beruntung kali ini bisa ketemu Anne Avantienya walau gak sempat foto-foto.

"Maksi di D'Kambodja.jpeg"
"D'Kambodja 1.jpeg"
"D'Kambodja 2.jpeg"
Di sana Nayla sudah bilang, kalau di lokasi konser kita jangan makan Yoshinoya karena stok Yoshinoya kita di kulkas belum habis, sama jangan makan burger Bangor.

Karena kita sarapan burger Bangor di kereta, yang gw beli malam sebelum berangkat takut Nayla gak doyan nasi goreng di kereta (dia pernah beli dan gak terlalu suka).

Tapi ternyata.....rencana makan di stadion saat konser gagal totalπŸ˜‹

Buzz Youth Fest Di Stadion Diponegoro

"Duta, Sheila on 7 (2).jpeg"
Kita putusin berangkat jam 16 aja deh (acara dimulai pukul 15) karena pingin bisa foto-foto, gak tahunya hujan badai ditambah geledek petir juga. Yaoloh panitia gak pakai pawang hujan kayaknya nih, mana Itha lupa bawa jas hujan malah bawanya payung wkwkwkwkwk.

Makanya setelah sempat nanya-nanya di IGnya BYF sama penonton yang sudah datang lebih dulu ke stadion, kita disaranin beli di minimarket yang pertama kita lihat khawatir minimarket dekat stadion stok jas hujan kosong.

Taksi yang kita naikin gerilya ke minimarket beli jas hujan yang mendadak jadi susah dicari, untung masih ada 4 jaket (yang bahannya tipis) langsung kita borong.

Jadi keinget sebelum jalan gw pingin bawa bantal leher, pingin bawa jas hujan dua (takutnya jas hujan Uniqlo Nayla terlalu tipis) sama pakai sendal Crock hejo gw aja. Khawatir hujan.

Tapi satupun gak ada yang gw jalankan, gw sama Nayla memang bawa jas hujan eh malah pakai sepatu kuning kesayangan.

"Gw sama Nayla.jpeg"
Yang paling top jalanan di depan Stadion Diponegoro banjir cuy, sampai airnya masuk ke dalam sepatu segala. Gw pasrah kalau copot sepatu takut kena pecahan beling atau apalah.

Begitu beres cek in tiket masuk pakai barcode, perjuangan lain dimulai. Hujan sudah mulai berhenti, langit masih mendung dan lapangan becyek gak ada ojyek yang bikin gw mau nangis gimana nasib sepatu kita.

Cuma hati ini langsung happy kalau ingat kita sudah di lokasi yang sudah kita tunggu selama 2 bulan, apalagi yang ngalamin kayak gini ada 15 ribu orang... banyak teman senasib.

"Tiket BYF Semarang.jpeg"
"Stadion Diponegoro Semarang 1.jpeg"
Sudah gak kepikiran buat ke stand makanan, karena penampil berikutnya sudah mau naik panggung. Sebelum Sheila, kita masih kebagian konsernya si ibu peri Nadin Amizah (ini anak cantik dan girly banget deh suaranya juga asik), Good Morning Everyone (mereka ini agak mirip lirik dan suara vokalisnya dengan Sheila on 7).

Plus Pamungkas (nah kalo ini sih gw gak asing, lirik lagunya yang kebanyakan pakai bahasa Inggris lebih asik lagi kalau nonton langsung).

Sambil nonton musti mikir cepat biar bisa dapat bagian depan, kita lihat bagian tengah sudah full jadi gak mungkin berdiri disitu. Karena kita bertiga lebih dekat ke jalur kiri kita bergerak maju terus sampai akhirnya bisa  sampai  persis di tiang pembatas.

Sayangnya lupa beli minum begitu mau keluar barisan buat beli minum kayaknya kok gak mungkin sudah padat full. Takutnya pas mau masuk lagi (walaupun gantian keluar barisannya) yang paling belakang gak percaya kalau kita sudah punya tempat di depan.

Yang ada kaki kram karena lama berdiri (bisa sih sesekali duduk) kehausan juga cuy, untungnya selain perut masih kenyang Nayla sempat dibekelin onigiri sama Itha.

Semua yang gak enak-enak tadi langsung hilang saat Pak Duta Modjo dan kawan-kawannya yang semuanya keren itu naik panggung.

Karena Depan panggung sebelah kiri yang otomatis banyak speaker segede alaihim yang bunyinya jedag jedug bikin kualitas suara pas direkam pakai hape juga jedag jedug, ya sudahlah nikmatin aja.

Bahkan nih bunyi sound systemnya bikin jantung kayak deg-degan hebat, setelah setengah jam baru deh jantung terbiasa.
"Happy, habis nyanyi bareng Sheila On 7.jpeg"
Tampilan pertama dibuka sama lagu Betapa, Jadi ingat ketika dulu pertama kali lihat video klipnya mereka culun abis wkwkwkwkwkwk tapi musik, lirik dan vokalnya ngebius banget.
"Duta, Sheila on 7 (3).jpeg"
Semua lagu-lagu yang Duta nyanyikan kayak JAP, Dan, Hari Bersamanya, Film FavoritBerai, Tunjukan Padaku, Pria Kesepian, Seberapa Pantas, Lapang Dada semua dibabat habis sama penonton. Baru dikasih intro sedikit semua penonton langsung nyanyi, gila keren banget sih.
"Duta, Sheila on 7 (4).jpeg"
"Duta, Sheila on 7 (5).jpeg"
Duta ini juga kebapakan banget deh yang bikin gw sama ribuan penonton lain meleleh😍setiap ada yang manggil atau bilang i love you pasti dia bilang, "kenapa nduk" "I love you too nduk, kalian tu kayak anak saya" πŸ˜‹.
Ada satu moment dia bilang sesuatu ke penonton sebelah kiri alias ke kita, gw sampai bilang ke Nayla "Nay Duta ngomong sama mama". Reaksi dia cuma "Mama lebai ih" ha...ha.... ya gimana dong Duta pas ngomong mukanya ngadep kita-kita terus keren banget pas nyanyi ye kan.

"Duta, Sheila on 7 (6).jpeg"
"Duta, Sheila on 7 (7).jpeg"
Gw suka sama Sheila on 7 sejak pertama mereka hadir, semua lagunya gw suka. Apalagi pas mereka ngisi soundtrack film 30 hari mencari cinta, wadaw gw sampai beli dvd aslinya biar bisa nonton berulang-ulang plus dengerin lagu mereka.

Selain itu semua personil terutama vokalisnya Duta Modjo praktis gak ada drama sama sekali sampai sekarang. Sederhana dan gak macem-macem, Bahkan rumah tangganya asik-asik aja sampai sekarang.

Dulu nih gw sempat ngiri sedikit sama Adelia Lontoh pas dia pacaran sama Duta terus berlanjut tahun 2003 mereka nikah, hu...hu...nangis bombai apalagi saat itu gw belum nikahπŸ˜„.

Kelar Konser

Promotornya pinter deh pas konser kelar kita disuguhin lagu model-model koplo gitu, yang nyanyi Onadio and the gank.

Jadi penonton sebanyak  kurang lebih 15 ribu orang ini gak menggeruduk keluar stadion bareng sekaligus, mereka terpecah jadi 3. Ada yang masih menikmati sajian musik terakhir, ada yang ke counter minuman dan makanan, sebagian lagi langsung pulang tertiblah pokoknya jempooool.

Sempat ragu pas mau nonton di sini, karena biasanya kan gw cuma bawa badan sendiri kali ini bawa anak, ngeri rusuh. Ternyata enggak, minusnya cuma becek dan hujan  yang sudah di duga sebelumnya selebihnya aman terkendali.

Kita pastinya ke bagian minuman, beli aqua sama ice coklat di Starbuck. habis itu jalan ramai-ramai buat pulang. Itha udah wanti-wanti ke gw yang lebih manzyah dari Nayla😁udah gitu dia khawatir gw cape karena ada astma, "Kita ke hotel jalan kaki ya Hance, gak mungkin pesan gocar mereka pasti kena macet".

Ternyata asik banget pak polisi ada di sepanjang jalan. Hotel juga cuma sepelemparan batu aja jauhnya, hanya 10 menit sudah sampai hotel.

Tugas pertama sampai di hotel Holiday Inn Express bersihin sepatu pastinya. Jadi gw yang sikat Nayla yang bilas, biasanya gw sikat sepatu dengan cairan khusus dan gak kena air di bagian dalam. kali ini harus kena sabun luar dalam, air banjir kan ada liur tikus bisa kenapa-kenapa kaki kita.

Kelar cuci sepatu lanjut sholat, berhubung sudah jam 1 pagi dan tulang rasanya mau patah gw sholat sambil tidur. Gak pernah ada ceritanya pulang konser tengah malam lanjut cuci sepatu, 2 pasang pulak, but kita happy.

"Gw Bisa cium sepuasnya😁.jpeg"
Pulang

Maunya sih lanjut liburannya di Semarang tapi pop ada kerjaan di Jakarta yang gak bisa ditinggal, jadi kita sama-sama pulang ke Jakarta. Bedanya pop berangkat pagi dari Solo biar masih bisa istirahat di rumah, karena mau jemput kita jam 1 dini hari di stasiun Jatinegara.

Yup karena hanya sehari menginap di Semarang, gw mau ngajak Nayla keliling semarang sedikit sebelum balik ke Jakarta. Jadi kita pesan kereta yang jam 18 biar agak lamaan dikit di Semarang.

"Sarapan 1.jpeg"
"Sarapan 2.jpeg"
Sambil sarapan di hotel, seperti biasa gw pasti pesan Lunpia Mataram Pak Warsono favorit gw yang uenaaak dan ginuk-ginuk, bapak ini jualannya persis diseberang gereja Petra.

Gw sengaja pesan online minta anterin di hotel karena gak punya tenaga lagi buat nyamperin langsung, mau leyeh-leyeh sebentara biar bisa cuuus ke tempat lain kebetulan kita minta cek out hotel jam 1 lebih.

"Lunpia Mataram Pak Warsono 1.jpeg"
"Lunpia Mataram Pak Warsono 2.jpeg"
"Lunpia Mataram Pak Warsono 3.jpeg"
Sebelum jalan keliling Semarang kita bertiga beli sandal dulu di Indomart yang ada di samping hotel karena sepatu kita bertiga masih basah dong yaπŸ˜‰
"Kembar tiga.jpeg"
Untuk oleh-oleh lainnya kayak Madumongso dan wingko babat kesukaan Nayla, kita beli di pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran.

"Madu mongso.jpeg"
"Wingko Babat.jpeg"
Kelar dari situ kita ke Kota Lama Semarang buat makan siang. Nemu tempat dari IG yang dulu kita belum coba namanya Sego Bancakan tapi sampai sana yang kita makan malah mie ayam wkwkwkwk.

"Nayla di Kota Lama Semarang 1.jpeg"
"Nayla di Kota Lama Semarang 2.jpeg"
Habis itu balik ke hotel lagi karena Itha gak pingin kemana-mana lagi apalagi dia besok pagi harus ke Garut. Kita berdua juga lelah juga walau happy, jadi balik hotel ngambil tas ransel yang kita titip di receptionis lanjut ke stasiun Kota Semarang untuk menuju Jakarta.

Lumayan liburan sekolah Nayla tahun ini karena pop sibuuuk banget, walau hanya sebentar di Semarang tapi kan ketemu om Duta Modjo. Tiga hari sebelum liburannya berakhir kita lanjut menginap di Bandung.

Makasih buat yang sudah mampir di blog ini, jaga kesehatan dan tetap jaga protokol kesehatan. Tapi jangan lupa untuk bahagia ya byeeeee.

"Stadion Diponegoro Semarang 2.jpeg"