Operasi Batu Ginjal dengan Mini PCNL (Bor Ginjal), Bye Bye Batu Ginjal

Hi Mom...

Gimana puasa tahun ini, mudah-mudahan lancar ya. Jangan lupa minum yang banyak biar gak dehidrasi dan yang gak kalah penting minum yang cukup biar ginjal gak terganggu.

Mumpung lagi ngomongin air dan ginjal, tahun 2022 suami tercinta operasi batu ginjal. Yuuup dia yang selama ini bilang gak pernah sakit (Alhamdullilah) dan gak pernah dirawat di rumah sakit, terbaring gak berdaya.

"Pasangan yang berbahagia 😍.jpeg"
Flashback sedikit ya, tanda-tanda badannya mulai ada sesuatu yang gak beres sudah mulai terlihat sejak tahun 2020. Kalau BAK suka lama dan kayak anyang-anyangan gitu. 

Puncaknya saat dia sakit demam tinggi, gak nafsu makan kita langsung berdoa yang kenceng jangan covid please. Mau gak mau harus ke rumah sakit dong.

Kebayang gimana cemasnya gw sama suami naik gocar  untuk pertama kalinya saat Pandemi lagi tinggi-tingginya (karena gw gak bisa setir mobil). Saat itu doa gw semoga bukan covid biar gak nularin pak supir juga dan memang hanya keracunan makanan.

Waktu itu ke rumah sakit sudah kayak mau perang, pakai masker, bawa handsanitizer sama face shield. Belum lagi ketika harus pindah rumah sakit gak bisa langsung masuk karena petugas swabnya malam itu sudah pulang, plus yang nungguin harus swab juga (waktu itu harganya masih mihil). 

Untungnya hanya keracunan makanan, hadeeeh pop ini sering banget deh keracunan makanan dari luar kalau lagi gak bawa bawa bekel dari rumah.

Tanda yang kedua muncul di akhir tahun 2021, gimana gak bikin gw stress, di tahun yang sama saat pandemi masih tinggi gw sempat mengalami bekas operasi keloid disinar apalagi kita berdua juga  terpapar Varian Delta dan gak lama Mami tercinta wafat.

Tahu-tahu badannya panas tinggi lagi, pusing, mual yang bikin kita mikir apakah kena covid lagi?. Ternyata DB dan thypus. Rawat inap lagi pastinya.

"Sepertinya pop perlu meni pedi deh😁.jpeg"
Sejak itu gw melihat kok suami gw ini sering banget demam, terlihat gak bugar, gampang cape dan yang parah beberapa kali gak bisa pipis atau bahkan malah gak bisa nahan pipisnya.

Pernah kita lagi menginap di Bandung, dia gak bisa menahan pipis hingga akhirnya malah macet. Akhirnya gw beli pampers dewasa buat jaga-jaga walaupun bikin dia malah jadi enggan pipis.

Malam itu juga dia ke dokter, kesimpulannya ada batu di ginjalnya yang harus diteliti lagi lewat scan dll. Untuk sementara dokter tersebut ngasih obat yang harganya mihil 1.8 juta cuy.

Akhirnya awal tahun 2022 diputuskan untuk cek bagian dalam dan benar ada batu sebesar 5 cm di tengah-tengah ginjalnya yang gak cukup dihancurkan dengan sinar laser dari luar, harus dari dalam. Tentunya musti cari rumah sakit yang punya peralatan kumplit.

Kita memutuskan saat itu untuk pakai BPJS aja deh ketimbang asuransi kantor yang pastinya ada plafon yang sisanya harus kita bayar. 

Pengalaman gw di sinar 3 kali bekas keloid yang meradang di kulit payudara, menghabiskan total 150 juta di cover full sama BPJS. Bayangin kalau pakai asuransi kantor suami pasti ada sisanya yang gak di cover. 

Berhubung kita berdua belum booster dan rumah sakit masih penuh dengan pasien covid, kita tunggu sampai agak melandai sambil cari lokasi booster. Habis itu baru deh ke RS Persahabatan dengan pertimbangan dekat rumah, peralatan operasinya sama canggihnya dengan Rs Cipto Mangunkusumo.

Setelah cek luar dalam, Kita harus ke bagian Urologi lagi dari sana ketahuan  batu yang cukup besar ditengah-tengah ginjal harus diambil dari dalam. Gak bisa cuma ditembak laser dari luar, seperti yang pernah dialami adek gw. 

Operasi Ginjal dengan mini PCNL

Hari gini semua peralatan bedah sudah semakin canggih, walaupun belum semua rumah sakit memiliki peralatan dan fasilitas kayak gini. Rumah sakit dekat rumah dengan peralatan canggih yang dicover BPJS hanya RS Persahabatan dan RSCM.  

Karena peralatannya sudah canggih, gak perlu tuh ada tangan dokter masuk cukup dibuat sayatan sebesar tutup spidol dibagian punggung belakang sebelah kanan dilokasi ginjal yang bermasalah nantinya akan dimasukkan mini PCNL alias bor ginjal.

Berbentuk selang diameter 8mm yang ujungnya ada camera dimasukan lewat sayatan itu. Alat itu juga yang akan menembak batu di ginjal jadi serpihan yang bisa di keluarkan lewat selang tersebut juga. 

Jadi bekas operasi di bagian badan hanya sebesar spidol. Prosesnya  juga harus bius total tapi resiko pendarahannya lebih sedikit, penjelasan dokter yang bisa kami cerna itu agak menenangkan buat pop karena akan jadi pengalamannya pertama kali naik ke meja bedah. 

Biar lebih dapat gambaran silahkan klik link IG ini Operasi Batu Ginjal dengan PCNL atau Bor Mini

Deg..deg-an menanti jadwal operasi.

Saat itu sudah mulai memasuki bulan puasa Ramadhan, Kita berdua bisa dibilang tiap hari mantengin telfon. Jangan sampai luput angkat telfon dari Rs. Persahabatan, untuk ngasih tahu jadwal operasi. 

Tidak sampai beberapa hari  (Senin 4 April 2022) pop menerima pemberitahuan lewat telfon untuk segera menjalani rawat inap. Senang dong doa gw dikabulkan untuk segera dapat jadwal operasi.

Dari penjelasan dokternya yang kebetulan sama namanya dr Doddy, kasus batu ginjal pop termasuk yang urgent banget karean ukurannya 5 cm dan ada di tengah-tengah ginjal makanya harus segera dikeluarkan itu alasan kenapa  masuk antrian paling atas.

Hari itu hari ke 4 puasa tanggal 5 April 2022, pop terpaksa gak puasa karena mau swab dan lain-lain. Gw beliin dia makan siang Hokben yang simple dan dekat rumah sakit.

"Cuma boleh lihat pop di swab dari luar.jpeg"
Kelar swab yang Alhamdullilah hasilnya negatif, jadi bisa langsung masuk kamar rawat inap untuk persiapan operasi besok. Karena rumah sakit lagi penuh, pasien-pasien baru ini dapat kamar yang paling belakang.

Karena ruangannya paling belakang agak bikin spooky kalau gw pulang malam. Gw males kalo minta mobil online masuk (padahal ternyata sebenarnya mereka mau  masuk sampai ruangan kamar perawatan yang di belakang) jadilah gw jalan kaki ke pintu terdekat.

"Kebayang gak kalau malam lampunya remang-remang.jpeg"

"lampu hanya ada di paling ujung.jpeg"
Sayangnya kalau malam lampu penerangannya kurang banget, kalo ada lampupun cahayanya remang-remang dan buat ukuran gw yang manza ini jaraknya lumayan jauh. Jadi kalau ada yang jalan, gw ngikutin dari belakang, insya Allah aman dia kakinya menapak tanah wkwkwkwk.

Saat itu gw pulang dengan lega karena pop sudah di kamar buat rawat inap tapi mungkin kecapean karena harus urus ini itu ditambah juga lagi puasa sampai di rumah kaki gw keram sampai hampir 15 menit. Urat di betis kayak melintir-melintir gitu, suakiiiit banget.

D-day 6 April 2022

Hari itu pagi jam 9 gw sudah di rumah sakit, gak puasa karena pas habis kram kemarin badan sakit semua. Tetap datang sendiri gak bisa bawa Nayla karena gw gak merasa nyaman dia di rumah sakit. 

Seperti biasa sebelum ke ruang operasi gw swab dulu karena itu syarat untuk masuk ke kamar pasien.

Habis itu langsung naik lift ke lantai tempat operasi, masih sempat ambil sandal sama hape pop. Untungnya boleh nemenin pop ganti baju operasi dan berdoa sebelum akhirnya pop masuk ruang operasi.

"kita berdoa bareng sebelum operasi.jpeg"
Operasi yang di lakukan dr. Moammar Andar Roemare Siregar katanya hanya 3 jam tapi pop lama banget keluarnya, sampai akhirnya tinggal gw aja yang masih di ruang tunggu.
"Menunggu.jpeg"
Belakangan gw tahu pop belum pulih dari bius operasi dan badannya menggigil, jadi nunggu badannya stabil baru bisa pindah ke kamar.

Selain dikasih batu-batu atau enzim yang mengeras kayak batu di ginjal pop, gw juga dikasih tahu kalau selesai operasi pop harus pakai kateter selama dua minggu.. ya Tuhan. 

"Batu Ginjal Pop.jpeg"
Alasannya selain biar gak harus banyak gerak, juga untuk melancarkan keluarnya air seni. Selama ini memang pop BAKnya lama karena keluarnya kecil. Jadi ada alasan kuat kenapa pakai kateter selama 2 minggu.

Berat badan turun drastis

Yuuup tanpa sengaja berat badan pop turun sampai di angka 70kg, sebetulnya malah ideal cuma terlihat kuyu pucat letih lesu wkwkwkwk. Karena mendadak dese gak doyan makan, bahkan nyium kuah bakso atau sup iga buatan mamanya yang endeeus dia mual. Apakah pop hamdun😁.

"Singset.jpeg"
Ditawarin makanan ini itu yang enak-enak dan kesukaan dia tetap makannya timi-timi. Mie instan rebus yang pedes sih bisa masuk walaupun lama makannya, tapi kan gak mungkin makan itu terus jatah kita makan mie instan hanya seminggu sekali.

Suatu ketika bahkan pop keluar keringat dingin yang bikin badan dan baju dia basah kuyup, sehari bisa ganti baju berkali-kali. Akhirnya setelah dua hari, gw telfon dokter persahabatan ternyata pop gula darahnya ngedrop kayaknya karena asupan makanan yang sedikit banget.

Teh manis hangat akhirnya gw bikinin sehari dua kali (gulanya hanya satu 1/2 sendok teh yang kecil), yang lumayan bantu banget naikin gula darah. Pop sudah gak keluar keringat dingin tapi makannya masih sedikit banget, masa batu yang dibuang dari ginjal bikin gak nafsu makan?.

Dokternya juga bilang operasi kayak gini gak ganggu fungsi yang lain, jadi kayaknya masalah psikis aja. Pop kayaknya stress harus pakai kateter, yang bikin dia gak leluasa.

Mungkin dia merasa gak berdaya, posisi tidur gak bebas hanya bisa tidur telentang. Belum lagi ada moment tidak menyenangkan buat dia saat harus BAB (dia bisa sendiri) proses BAKnya bikin nyeri katanya.

Selain itu dia gak tega juga mungkin melihat gw yang merawat dia sendiri dan  tiap saat bersihin kantong air seni apalagi saat itu bulan puasa. Untungnya saat itu Nayla masih sekolah dari rumah, minimal bisa bantuin mamanya.

Akhirnya setelah 2 minggu bersama kateter...

Hari itu jadi hari yang ditunggu-tunggu untuk melepas kateter yang sudah bersama selama 2 minggu. Pagi-pagi kita berdua sudah antri di Rs. Persahabatan, sayangnya gw lupa buat pinjam kursi roda mami yang dititip di rumah kakak di Pondok Gede.

Agak lama juga buat dapatin pinjaman kursi roda, laris banget kayak pisang goreng karamel sampai kosong di bagian peminjaman. Mata gw udah kayak elang melototin kursi roda yang seliweran, Alhamdullilah dapat juga. Pop gak harus jalan ke ruang dokter.

"Pasien berkursi roda.jpeg"
"Pop Pasien berkursi roda.jpeg"
Khusus untuk hari itu, selain tetap sarungan pop gw bawain pampers dewasa berbentuk celana. Takutnya agak nyeri kalau langsung pakai celana dalam ye kan.

Prosesnya cepat dan tanpa rasa sakit ternyata, habis itu pop bisa jalan dengan senyum sumringah karena sudah bebas dari kateter dan kantong air seninya.

Pulangnya pop kepingin makan siang di sekitar Rawamangun, Alhamdullilah mulai terasa laper dan nafsu makan.  Gw hanya nemenin pop makan saat itu, karena masih puasa Ramadhan.

Operasi kedua akhir Mei 2022

Sebelum memulai operasi pertama dikasih tahu, kalau nanti prosesnya setelah mengeluarkan batu ginjal bakalan dipasang stent untuk mengantisipasi ada pecahan batu halus yang masuk ke saluran kemih.

Kalau dari google stent itu alat berbentuk selang kecil yang dipasang pada saluran kemih misal di ginjal, ureter dan kandung kemih yang fungsinya untuk melancarkan aliran urin dari ginjal biar bisa turun ke kandung kemih.

Stent ini dipasang selama satu bulan di ginjal saat operasi pertama, nantinya akan dikeluarkan lewat operasi kedua. Tentunya setelah pasien pulih staminanya.

Walau masih sering cepat lelah, nafsu makan berangsur pulih. Bahkan sudah bisa olahraga jalan kaki setiap pagi dan saat gw ulang tahun di 8 Mei pop ngajak kita staycation di dalam kota, tentunya dia nyetir sendiri😋.

"Staycation dalam kota, Mercure Kebon Sirih.jpeg"
Setelah sebulan kita memutuskan untuk antri jadwal operasi kedua di RS Persahabatan. Dari hasil pemeriksaan dokter, pop sudah kuat dan bisa menjalani operasi kedua. 

Seperti yang pertama, operasi kedua juga jadwalnya cepat keluar. Kalau menurut dokternya kasus pop termasuk urgent jadi harus disegerakan, gw senang dong. Rasanya Allah baik banget karena ngasih kesempatan pop untuk benar-benar pulih dan bisa hadir di acara Nayla (Perpisahan SMP 92).

Prosedur operasi kedua juga sama, pop harus  di swab, puasa dan langsung rawat inap hari itu. Kali ini dapat kamar di gedung Griya Puspa, akses gw buat pulang pergi lebih gampang ketimbang yang sebelumnya.

Pop juga beruntung dapat kamar luas yang isinya hanya satu orang (di persahabatan kelas 1 tetap 2 orang). Gw berharap gak ada pasien tambahan jadi enak buat nungguin sampai malam, maklum lagi covid.

Besoknya operasi berjalan lancar dan hanya sekitar 3 jam. Kali ini gw lebih prepare, bed cover gw bawa masuk ke ruang pemulihan operasi biar pop gak mengigil seperti waktu itu karena selimut rumah sakit kurang tebal.

"Pop masih ngantuk.jpeg"

"Laras berhasil masuk Ke ruangan.jpeg"
Pas menuju lift selesai operasi, dokter Doddy yang ikut mendampingi ngasih tahu kalau tadi sebelum mengeluar stent atau selang yang ada di ginjal, dimasukan kamera lewat saluran pipis terlihat masih ada batu-batu kecil di dinding ginjal.

Langsung deh di tembak pakai laser untuk meluluhkan sisa batu yang disedot melalui selang kecil berdiameter 8 mm itu sekalian menariknya keluar.

Jadi bisa dibilang ginjal pop sudah bersih dari semua batu yang bikin dia sakit dan gak nyaman selama ini, Allhamdullilah. Tinggal dijaga pola makan, olahraga ditingkatin lagi, banyak minum dan jangan kebanyakan duduk deh. 

"Kelar rawat inap operasi ke 2.jpeg"
Setelah 3 bulan pop kontrol lagi, Alhamdullilah hasilnya bagus. Memang belum sempat periksa kandungan batu biar tahu itu terbentuk dari makanan apa saja, tapi minimal pop sudah mengurangi minum teh botol, minuman jeruk di botol yang pasti selalu gw temukan di tas ranselnya.

Lebih banyak minum air putih sudah pasti, minimal sehari 2 liter atau sekitar 4 gelas ukuran besar dan kalau di rumah kita saling mengingatkan. Semoga pengalaman keluarga kita bisa diambil hikmahnya sama yang lain ya.

Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan tetap laksanakan protokol kesehatan dan jangan lupa untuk bahagia itu paling penting byeeee..

Komentar

  1. yes, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa bahagia. karena bahagia adalah alat paling mujarab dalam perlindungan dari berbagai macam penyakit....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, bahagia bisa bikin badan lebih sehat ya. Makasih sudah mampir di blog ini

      Hapus
  2. Aku tuh suka sebel deh Ama kebiasaan suami yg suka minum teh botolan. Ya takutnya selain diabetes ke ginjal ini juga mba. Tapi dia mah susah dibilangin. Aku sendiri kalo minum bisa 3 liter sehari. Krn memang udh terbiasa dari dulu. Apalagi udh usia kepala 4 gini kan hrs banyak minum kalo ga mau keriput 🤣.

    Semoga suaminya udh bener 2 pulih ya mba. Ga sampe kena lagi. Memang hrs dijaga pola makan dan olahraga nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bosen ngingetin mba, soalnya minuman-minuman kayak gini kan pakai pengawet. Mending sesekali bikin sendiri gula bisa ditakar. Makasih doanya ya mba Fanny

      Hapus
  3. Saya dulu suka banget teh botol dan merk lain. Sekarang sama sekali ga minum. Ganti air putih yang mencukupi. Takut diabet, ga kepikiran ke ginjal sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal kepikiran diabetes karena manisnya suka berlebihan ya mas, pengawetnya itu juga ganggu fungsi ginjal. Semangat buat hidup lebih sehat ya, makasih sudah mampir di sini

      Hapus
  4. Balasan
    1. Aamiin makasih doanya mba, sehat sehat juga ya

      Hapus
  5. Semoga lekas sembuh. Terima kasih tulisannya. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan pemulihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih doanya mas Iqbal, semoga tulisan saya berguna ya. Makasih sudah mampir di blog ini

      Hapus

Posting Komentar