Ultah ke 14 Nayla Rasa Pandemi

Hi Mom....

Gak terasa Nayla 12 Oktober 2020 ini 14 tahun umurnya. Bayi mungil yang ketika lahir nyaris berat badannya kurang  (karena gw darting, jadi gak banyak asupan makanan yang masuk 2-3 bulan menjelang kelahirannya) sudah tumbuh dewasa bahkan sudah datang bulan 2 bulan lalu. (Baby girl kami sudah akil baliq-yaaaaay)

Biasanya kalau ngomongin bayi mungil kita terjadi percakapan percakapan yang absurd sedikit bucin antara Doddy suami gw yang biasa dipanggil pop dengan gw yang punya panggilan Mom😀.

P :   "Mom bisa juga ya besarin anak,".
M : "kita kan besarin berdua". 
P : "Tapi mom yang 24 jam sama Nayla (di luar jam sekolah ya). 
M (dengan malu malu): "Besarin  ala kadarnya".

Obrolan ini biasanya berlanjut dengan protes suami sama jawaban gw, "Ah masa ala kadarnya, Nay bisa masak nasi goreng sama jahit bajunya sendiri yang sobek atau buat baju boneka dari dia kecil karena dia melihat mom."

Ooh oke oke sebelum yang baca pada mual karena pujian suami buat istrinya tersayang wkwkwkwkwk, bisa baca baca ini dulu (Masak ala Nayla) sama yang ini (Kostum Unlimited Mba Barbie).

Fisik boleh berubah tapi satu hal yang gak berubah dari anak ini adalah, Nayla anak yang sederhana. Tabiat kek gini turun dari kembarannya alias suami tersayang yang gak merasa penting dengan merek, yang penting itu  enak dipakai dan nyaman, sedangkan kalau makanan yang penting enak dan murmer.

Kalau akhirnya mereka berdua punya barang bermerek ya karena gw yg milihin, setengah maksa untungnya mereka suka. Atau karena gak ada pilihan lain yang mereka mau hanya merek tertentu.

Gw gak merk minded  cuma simple aja pingin sesekali pakai yang bermerk (alasan yang gak penting banget kan) tapi harga kadang gak bohong ya, selain bagus awet pulak. Bukan berarti yg murmer gak bagus ya, yuuk balik lagi tentang betapa sederhananya anak abg gw ini.

Untuk cake ultahnya dia sudah wanti wanti ke kita, gak minta yang mahal atau ada mereknya yang penting red velvet. Bahkan satu slice seperti saat dia ultah ke 13 di Singapore juga gak papa (Happy 13th Merlion birthday Nayla ),

Ya gimana dong gw mau ngumpetin cake kejutan yang  segede gaban di kulkas hotel. Pilihannya beli satu slice (lilin sih bawa dari Jakarta, gw mah gitu😋) belinya aja ngumpet ngumpet, cake  ditutupi makanan lain di pelastik belanjaan.

Tahun ini  kita gak bisa ngajak dia nginep atau makan di luar, lagi pandemi cuy mana PSBB walaupun pas dia ultah sudah masuk masa transisi. Kalau kek gini  gak tega ngasih dia cuma satu slice apalagi gw pecinta berat cake kan pingin juga.

Kita ... tepatnya gw sudah memutuskan beli di Harvest toko cake favorit gw. Sebelumnya iseng gw tanya ke Nayla lebih cantik mana cake  red velvet yang berbentuk letter cake dengan hiasan cantik di atasnya atau yang luar dalam warnanya merah merona khas red velvet.

Ternyata dia lebih suka yang merah merona, fixed beli yang di Harvest aja.
Kadonya apa?
Kado bukan sebuah keharusan tapi gw sudah terbiasa ultah di rayakan dan ada kado. Masih ingat sering banget ngerayain ultah tanpa mami sama bapak karena mereka bekerja, tapi mami sudah menyiapkan makanan, cake dll.

Jadi kebiasaan ini gw lakukan ke Nayla. Kali ini dia mau camera Mirorrless, karena hampir setahun terakhir pas kelas 7 dia ambil ekskul fotografi.  Bahkan saking pinginnya dia bilang kalau perlu dia mau tebok celengan😀.

Selama ini pop selalu transfer uang bulanan ke rekeningnya, gak besar sih hanya 100 ribu sejak dia kelas 7.

Kadang uang di ATM itu dia pakai beli sesuatu pas belajar kelompok di mal atau di rumah temannya. Sejak pandemi gak pernah terpakai pastinya, apalagi uang jajan tetap pop transfer

Jajan Nayla gak gede loh untuk ukuran anak kelas 7 sehari hanya 10 rb plus bawa bekal nasi sama minum, ya gitu deh ni anak kan gak neko neko. Paling kalau emaknya sesekali jemput dia minta makanan kesukaanya di mal.

Uang tabungan seuprit ini yang Nayla minta tambahin buat beli si kamera. Gw dong ya langsung  gercep nyari rekomendasi camera di google.

Rasanya udah pingin langsung mesen aja, untung pop ngasih pencerahan (buat gw sama Nayla), kata pop rasanya gimanaaaa gitu ngeluarin uang di atas 5 juta untuk sesuatu yang gak terlalu urgent pas pandemi.

Selama di rumah aja foto foto pakai kamera (apalagi pakai kamera hape pop yang kinclong) rasanya masih cukup. 

Gw janji sama Nayla   kapanpun dia kembali sekolah offline (berharapnya sih sampai vaksinnya ketemu #hilangkeknya) langsung beli. 

Tapi selama masih di rumah aja, gw minta tabungan dia sampai tahun depan jangan dipakai, biar dia ikut melakukan usaha sedikit untuk dapetin sesuatu jadi gak cuma tinggal minta.

Eh ternyata dia setuju loh nah kan jadi enteng pikiran gw. Cuma kalau ultah gw kan udah biasa ngasih kado, jadi ya pingin tetap ngasih hadiah yang gak mahal banget tapi dia suka.

Tapiiii anak ini kalau ditanya kado galau seperti biasanya. Banyak yang dia suka kayak Harry Potter (khususnya Slytherin) plus pingin jubah hitamnya, K-pop teteup, dan yang paling baru kartun anime Haikyuu!! (nulisnya memang begini), bahkan dia bikin sendiri patung patung mereka dari kertas dan kardus.

Pas gw tunjukin mau kaos kartun anime Haikyuu!! dengan gambar karakter siapa, eh dia bingung lagi😂. Akhirnya gw tunjukin tote bag sama kaos warna hijau tulisan Slytherin dia bilang boleh deh tapi katanya gak asik kalau hanya tulisan doang di kausnya.

Setelah tahu apa yang dia mau, gw bilang dong kayaknya semua barang itu tokonya di LN males pesan ah ongkirnya pasti mahal, kayaknya sih dia percaya.

Padahal di belakang dia, gw diskusi panjang kali lebar sama yang design kaos buat nentuin gambarnya sambil berharap dia suka. Selain itu  tote bag sama masker Slytherin PO nya juga lama kurleb 4 minggu.

Untunglah ketika memasuki bulan Oktober satu satu kado ini sampai di rumah. Gw punya waktu untuk cuci kaos dan masker Slytherin (gw juga beli buat gw sama pop, gak peduli logo asrama apa di Harpott yang penting warna kesukaan wkwkwkwk), kalau tote bag cukup gw semprot hand sanitizer bolak balik luar dalam.
Sudah Cukup Kadonya?
Ternyata seminggu sebelum Nayla Ultah, kok tetiba gw pingin ngasih sesuatu lagi. Habis kayaknya ini anak sudah dua mingguan nonton Haikyuu!! lagu soundtracknya Nekoma ... Nekoma ... dia setel bolak balik, sampai nempel di kepala kita berdua.

Gw jelasin dikit apa itu kartun anime Haikyuu!!. Ini cerita tentang siswa sekolah yang ingin mengikuti kejuaraan nasional bola voli antar-SMA di Jepang. 

Salah satu SMAnya itu bernama Nekoma yang terkenal dengan permainan defensenya yang luar biasa. Nekoma ini favoritnya Nayla. ( Nekoma...Nekoma...)

Gw cemas dong, takut kado yang bertema Harry Potter gak berkenan padahal sudah kelar di bungkus. Apalagi dia tiba tiba bilang minta beliin tote bag polos buat diwarnai (walah kan gw udah beliin tote bag Harpott).

Pas gw tanya harganya  bikin gw kaget masak cuma 7 ribu, malah ongkirnya yang mahal 10 ribu karena toko onlinenya di Bandung. Gw sampai ngakak, beli dua lah kalau murce gitu.

Iseng gw bilang gimana kadonya itu aja, eh dia bilang boleh mom dengan muka berseri seri ya Allah anak gw gampang banget sih dibikin bahagia. Dan seperti biasanya dia berubah lagi, karena kepincut sama jaket klub bola voli Nekoma dan kalungnya Haikyuu!!.

Nayla (N): "Tuker ya mom kadonya, gak usah jaket mahal,  kalung Haikyuu!! aja ya".
M: "Ya udah pesen deh, berapa harganya?".
N: "30 ribu mom (gubraaak😂) tapi PO nya baru tanggal 10 Oktober."
M: "Gak pas ultah kamu dong datangnya".
N: "Gpp mom".

Mungkin karena dari kecil gw gak pernah larang dia beli apapun asal harganya gak lebih dari 5 angka, kalau lebih angkanya dan  misal dia maksa  sampai guling guling kita gak akan kabulkan. 

Yang ada setiap ada mainan yang dia suka dia selalu bilang "Mainin di sana aja deh gak usah beli, angkanya lebih dari 5." hi...hi...karena dia hafal banget mamanya kalau dipaksa pasti bergeming.

Karena gak pernah maksa ini emaknya jadi kepikiran si jaket Nekoma ini. Seminggu sebelum ultah gw bertanya ala tricknya detective Conan gitu deh.
M: "Kamu udah gak suka Harpot ya, soalnya udah sebulan gak nonton filmnya?" (emaknya cemas).
N: "Masih lah, kan filmnya sudah Nayla tonton semua mom bolak balik, sekarang lagi suka Haikyuu!!".
M: "Terus jaket yang kamu mau itu yang kayak gini (sambil nunjukin jaket warna merah tulisan Nekoma dibelakang punggungnya)?".
N: "Iya, gak usah deh kalung aja".

Malam itu setelah pura pura mau jahit jaket dengan bahan pemberian omanya Nayla, gw bisa ukur badan dia, trus langsung deh pesan jaket itu di online (setelah lihat semua komen pembelinya bagus bagus).  

Suami gw dong ngakak ngeliat gw mendadak pesan online lagi. "Sayang ya sama Nayla?" katanya, hi...hi.... iyalah walaupun sering diajakin debat debatan yang berujung banting pintu😎.

Untungnya hari ketiga jaketnya datang. Malam malam pas Nayla sudah bobo di kamarnya, jaketnya gw cuci dan sekarang sudah rapi jali masuk bungkusan kado. Sampai hari H anak ini taunya hanya kado kalung Haikyuu!! yang 30 ribu itu. 
Ajaib sih ini anak Kado yang sudah gw taro di bawah meja gak bikin dia bertanya tanya padahal dia lihat pas sholat Shubuh di ruang tamu. Makanya dia kaget pas habis potong cake diminta ambil kado😂.
Semoga kami bisa mendampingi kamu lama ya nak, minimal sampai kamu punya anak deh, Aamiin. Baca dan ingat ingat pesan kita berdua di kartu ucapan ya, yang paling penting sih sehat sehat dan bahagia selalu.

Komentar

  1. Wah selamat ya, dapat kejutan di ultahnya
    Kalau saya kemarin tanggal 10, tapi kok tak ada yang kasih kado
    Pengennya seh kamera ,atau paling tidak hape lah :D
    Selamat panjang umur, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...hi... Udah gede gak perlu kado kadoan. Makasih doanya ya mas. Selamat ulang tahun juga ya semoga selalu sehat dan bahagia.

      Hapus
  2. Happy Birthday Nayla.
    Aku juga lg pgn bgt kamera mirrorless nih, ku sudah capek pake SLR, ga sempat setting2nya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih ucapannya mba. Si MirrorLess ini bikin kepincut banyak orang ya

      Hapus
  3. Kok aku terharu yaaa bacanyaaa :). Berasa kalian dekeeet banget gitu, dan kliatan Nayla terdidik baik karena didikan mba dan suami :). Rasanya kalo anak mau mengerti , dan ga prnh nyusahin gini, bawaan pasti sebisa mungkin bakal slalu nyenengin dia :).

    Happy birthday Nayla. Walo telat, tp semoga tetep jd anak yg baik, dan kebanggaan ortumu selalu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih doa baiknya mba Fanny sayang. Gimana gak deket rumahnya mungil isinya cuma 3 orang hi...hi....
      Nah ini perasaanku juga gitu mba karena ini anak gak banyak maunya, begitu dia mau sesuatu yang buat orang lain biasa biasa aja langsung gw catat di hati sambil berharap dikasih rezeqi biar bisa mewujudkannya.

      Hapus
  4. selamat ulang tahun buat ananda,seaht dan bahagia selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih doa baiknya mba Tira, doa yang sama buat mba Tira ya

      Hapus
  5. Kalau doa baik ya gak apa apa telat, apalagi masih bulannya😊 makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar