Senin, 28 Februari 2022

Nyekar versus Mafia Pengemis

Hi Mom...

Apa kabar, semoga sehat sehat walaupun pandemi belum berakhir ya. Jarang jarang nih ada libur panjang di akhir bulan, kebetulan tahun ini adanya di akhir bulan Februari 2022.

Biasanya gw sudah sibuk cari cari hotel di luar kota tapi kali ini pandemi grafiknya belum landai, gw sama suami juga belum punya nyali buat staycation. Memang sesekali makan di luar tapi itupun dilakukan di dalam mobil.

"Nyekar 1.jpeg"
Jadi kita putuskan untuk nyekar ke makam Alm. mami dan bapak (oma opanya Nayla). Untungnya Nayla mau karena dijanjikan nyekarnya pagi gak perlu pakai mandišŸ˜‹.

Dilema kalau mau nyekar

Sebetulnya nih kalau mau nyekar ke pemakaman umum lokasi tempat orang tua gw dimakamin pe er banget buat kita. Percayalah kita gak bisa berdoa dengan tenang di makam.

Begitu kita sampai di lokasi makam,  sudah ada rombongan anak anak atau ibu ibu yang bawa sapu lidi sama air ngikutin kita. 

Sibuklah mereka bersihin makam yang seringkali makamnya sudah bersih, kita pasti buru buru dong ngasih mereka uang.

Habis itu mereka pasti pergi, selesaikah? pastinya enggak karena akan ada rombongan lain lagi yang datang melototin kita berdoa bahkan ada yang nekat nyapu nyapuin lagi kalo gak kita teriakin buat stop.

Habis itu mereka akan minta uang untuk hal percuma yang mereka lakukan atau bahkan gak melakukan apapun (belibet, u know what i mean ya). Kita kasih uang atau enggak mereka akan ngikutin kita lagi ke parkiran.

Prepare sebelum nyekar

Mikirin situasi yang bakal gw hadapin kayak gitu aja gw sudah lelah dan males duluan. Tapi gw kangen karena sejak mami dimakamin satu liang lahat dengan bapak, kita bertiga belum sempat ke sana lagi.

Jadi dibulatkanlah tekad untuk ke sana sambil berdoa rombongan anak anaknya belum bangun besok pagi. Plus nyiapin uang receh 5 ribuan sama 10 ribuan sebanyak banyaknya deh.

Soalnya kalau dikasih uang 50 ribuan atau 100 ribuan dijamin mereka gak mau bagi bagi. Yang ada sisanya tetap nongkrongin kita padahal bisa jadi kita gak pegang uang cash lagi, siaul kan.

Sampai ditempat makam, dekat pintu gerbang gw beli bunga mawar merah dan putih untuk ditabur di atas makam. Sempat senang pengunjung cuma sedikit jadi gw sama Nayla turun duluan, pop ke toilet.

Seperti biasa kalau nyekar gw gak pernah bawa dompet, paling hape di kantong celana jeans. Saat itu Nayla sudah ketemu  duluan sama nisan opa omanya, ketika sudah dekat gw lihat Nayla berdiri pasrah melihat 6 orang ibu ibu nyapuin makam yang sudah bersih sebelumnya.

Emosi gw langsung naik Yasssalam lupa semalam berdoanya hanya jangan dirempongin sama gerombolan anak anak, gw lupa ada gerombolan ibu ibu juga.

Gw tarik tangan Nayla "Maaf ya", mereka melongo terus ada yang bilang sambil sewot "gak jadi kayaknya". Habis gimana dong, uang untuk dibagi bagi ada di dompet pop masa gw harus berdoa sambil dipelototin sama mereka karena gw belum ngasih uang.

Mafia pengemis?

Setelah pop keluar dari toilet baru deh kita bertiga balik ke makam lagi. Dan seperti semut nyamperin gula kita langsung dikerubungin lagi dong, pop langsung ngeluarin uang biar mereka pergi.

"Nyekar 2.jpeg"
"Nyekar 3.jpeg"
Kita berdoa dengan singkat sambil foto foto makam mami sama bapak, takut ada rombongan lenong lagi nyamperin kita

Bener saja begitu kita jalan ke mobil, rombongan anak anak (yang kayaknya sudah di setting untuk menunggu di dekat parkiran) langsung minta uang ke kita.

Sisanya yang gak kebagian nempel di kaca mobil sampai mobil jalan. Gimana kalo naik motor ya pasti di tarik tarik tangan kita kayak di adegan zombie di walking dead.

Kok sudah kayak mafia pengemis di tempat makam arah Kalimalang Jakarta Timur ini ya, maaf maaf nih gw sampai ngomong kayak gini. Kebayang kan hari biasa saja kek gini, gimana kalau ada yang meninggal atau pas Hari Raya? brutaaaaal cuy.

Seperti saat selesai acara pemakaman mami 30 Juli 2021, gw sempat menghardik rombongan anak anak kecil yang sebelumnya sudah kita kasih uang. 

Mereka tetap ngikutin dong karena mereka pikir belum semua orang yang ada di situ ngasih uang. Padahal saat itu kita lagi  ngobrol buat bagi bagi tugas untuk urusan almarhum mami dengan kakak dan adik adik gw, tetiba unyil unyil ini nyerocos gak putus putus "bu minta bu, bu minta bu".

Gw bentak dong, "Bisa gak tunggu sebentar baru kelar makamin orang tua nih, kita kan lagi ngobrol kalian ngerecokin bukannya tadi sudah dikasih uang", Ya Allah ini apa sih bikin dosa aja.

"Nyekar 4.jpeg"
Kita sering loh ke Tanah Kusir nyekar almarhum papa, kakek Nayla dari suami gw doddy mau datang hari apa aja gak ada rombongan sirkus atau lenong yang ganggu kita di makam.

Pemakaman umum tempat orang tua gw disemayamkan memang joooos deh untuk urusan beginian, jadi kalau mau kesini siapin mental. 

Siapin uang receh banyak banyak. Yang darting jangan lupa minum amlodipine biar tensi gak naik wkwkwkwkwk.

Pengurus Makam

Untuk makam orang tua baik makam orang tua gw sama makam papa dari suami, kita punya satu orang yang kita pegang istilahnya buat jagain makam.

Jadi ada apa apa pasti dia ngabarin ke kita via WA, termasuk untuk urusan biaya makam perbulan, pertahun sama pertiga tahunan.

Kalau mau nyekarpun biasanya kita WA ngasih tahu, makanya kalau datang makam pasti sudah rapih (tiap hari juga dibersihin).  Dia juga biasanya ikut nemenin, yang repot kalau dia lagi gak ada di lokasi ya gitu dikerubungin kita sama semut semut pekerja inišŸ˜ƒ.

Gitu deh suka dukanya, tapi gak akan menyurutkan niat kita buat nyekar kan sesuai tradisi kita. Makasih buat yang sudah mampir baca curcolan receh gw, tetap jaga protokol kesehatan. 

Jangan lupa untuk bahagia ya, penting banget itu.

Kamis, 24 Februari 2022

Aktivitas Nyaman dan Suplemen Aman Saat Pandemi

Hi Mom...

Seperti biasanya gw akan nanya gimana kabar hari ini, semoga sehat sehat ya. Kalau ada yang sakit semoga lekas pulih, apalagi sekarang di sosmed seliweran postingan sahabat sahabat yang terpapar covid-19.

Yup maret nanti sudah mau dua tahun pandemi hadir di Indonesia, malah sudah muncul varian baru Omicron. Sebagai Penyintas varian Delta gw gak akan anggap enteng varian covid apapun karena punya komorbid.

Makanya suka sebel kalau dengar berita Omicron gejalanya ringan kayak flu biasa. Semua tergantung kondisi masing masing bahkan teman kantor suami ada yang lewat karena Omicron, yang sedihnya dia gak bisa vaksin karena autoimun.

Rasanya pingin protes, mbok ya kalimat "gejala ringan kayak flu biasa" di skip aja gak usah diberitain, karena jadi banyak yang menganggap enteng varian covid yang sekarang.

Sebagai Penyintas Delta tahun 2021 lalu, munculnya varian Omicron yang merupakan mutasi terbaru dari Covid-19 bikin kebat kebit juga.

Karena ini merupakan salah satu jenis varian yang perlu diwaspadai (variant of concern) karena tingkat penularannya yang tinggi dan mudah banget.

Yang horornya awal tahun 2022 anak sekolah full pembelajaran tatap muka (PTM), orang tua gak dikasih pilihan kali ini. Sempat 3 minggu PTM sampai akhirnya kembali pembelajaran jarak jauh (PJJ), karena anak sekolah yang terpapar omicron meningkat termasuk teman teman sekelasnya Nayla.

Setelah beberapa hari di rumah, banyak laporan teman teman sekelas yang terpapar omicron bertambah. Untunglah hasil tes antigen Nayla negatif.

Kembali sekolah daring membuat jadwal yang lama kita terapkan selama pandemi kita pakai lagi. Selain rutin minum vitamin, madu lemon dan banyak konsumsi air putih, jangan lupa berolahraga. 

Jadi sebelum sekolah dimulai Nayla biasanya olahraga dulu sebentar. Karena gak berani olga diluar dan mager, dia genjot sepeda statis depan TV.

Kalau lagi beruntung ada matahari kita berjemur sebentar di balkon. Biasanya hujan dari subuh, senang sih jadi gak repot repot siram tanaman tapi jadi gak dapat vitamin D alami dan kulit juga jadi kusam berkurung terus dalam rumah.

Sesekali gw nyempatin juga ikut webinar acara kesehatan, kayak minggu lalu nih ada webinar tentang Nyaman beraktivitas di tengah varian Omicron. Pas banget kan dengan yang kita lakukan saat ini.

Nara sumbernya :

  • Nucha Bachri, Co-founder Parentalk.id, 
  • dr. Prasna Pramita SpPD, K-AI, MARS, FINASIM, 
  • Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Widya Wulandari, Brand Manager Natur-e.

"Webinar Nature-E.jpeg"
"Webinar Nature-E 1.jpeg"
Dapat beberapa tips kesehatan kayak bagaimana badan bisa bugar karena tetap beraktivitas di tengah pandemi dengan varian covid baru, Omicron.

Tubuh kita sebenarnya punya sistem imun untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nama kerennya B-Cell dan T-Cell yang salah satu fungsinya adalah memproduksi antibodi,

Tapi nih karena gaya hidup yang gak baik, misal suka begadang, makan makanan yang gak sehat serta kurang olah raga tubuh menjadi rentan kekurangan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. 

Dr. Prasna Pramita Dokter Spesialis Penyakit Dalam

"Webinar Nature-E2.jpeg"
Dokter cantik ini bilang gampang kok kalau mau melindungi diri dari penyakit, dengan memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat.

Caranya gimana dok? ya dengan melakukan pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi nutrisi yang seimbang. Kalau kita merasa kurang seimbang mengonsumsi suplemen yang tepat bisa menjadi solusi.

Dari beberapa hasil penelitian, Vitamin E berperan penting dalam mengoptimalkan kondisi B-Cell dan T-Cell. Wah baru tahu kirain cuma bagus untuk kulit.

Karena dulu waktu ke dokter ngobatin bekas kecipratan minyak di tangan, salah satu obat yang diresepkan vitamin E. Kata dokter ini bagus untuk mempercepat penyembuhan dari dalam tubuh untuk kulit yang luka.

Ternyata asupan suplemen salah satunya Vitamin E bisa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi bakteri dan virus yang datang.

Selain itu Vitamin E juga membantu melebarkan saluran vena darah yang dapat menghindari risiko pengentalan serta dibutuhkan sel tubuh untuk berinteraksi satu sama lain dalam menjalankan fungsinya. 

Widya Wulandari, Brand Manager Natur-E

"Webinar Nature-E3.jpeg"
Nah yang pas untuk ngomongin soal vitamin E, pastinya Widya Wulandari, Brand Manager Natur-E. kenapa suplemen Vitamin E yang dapat dijadikan pilihan adalah Natur-E?.

karena  suplemen Vitamin E ini diproduksi dari bahan alami yang mengandung ekstrak biji bunga matahari dan antioksidan di antaranya astaxanthin dan glutathione yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. 

"Webinar Nature-E4.jpeg"
Diharapkan Natur-E dapat melengkapi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh keluarga Indonesia. Apalagi Natur-E memiliki empat varian yang cocok untuk usia tertentu.

"Webinar Nature-E5.jpeg"
  • Natur-E 100 (100 IU) dianjurkan untuk dikonsumsi kelompok usia di bawah 25 tahun. 
  • Natur-E 300 IU untuk usia 25 tahun ke atas, atau yang memiliki gaya hidup sangat aktif dan banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. 
  • Natur-E Advanced (100 IU + Astaxanthin): mengandung Vitamin E 100 IU, likopen 1,8 mg, dan astaxanthin 2 mg untuk  perempuan usia 35 tahun ke atas.
  • Natur-E White (20 IU and Glutathione) yang dapat membantu untuk memelihara kesehatan kulit yang cenderung kusam ini dapat dikonsumsi kelompok usia mulai 20 tahun ke atas.

Asik kan kita bisa pilih Natur-E yang cocok untuk usia kita. Apalagi bila kita masih memiliki bapak, ibu, anak remaja hingga mungkin lansia. 

Suplemen untuk mereka yang kita kasihi harusnya memang terbuat dari bahan alami yang aman serta halal untuk dikonsumsi tubuh kita iya kan.

PT Darya-Varia Laboratoria Tbk

PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (Darya-Varia) perusahaan industri farmasi yang telah berdiri di Indonesia sejak 1976. 

Perusahaan ini punya misi  “Membangun Indonesia yang Lebih Sehat Setiap Orang di Setiap Waktu”, gak heran jadi salah satu dari lima farmasi teratas di Indonesia. 

Bisa mencapai posisi lima besar karena Darya-Varia memproduksi produk-produk yang berkualitas, baik produk kesehatan maupun rangkaian produk Ethical. 

"Webinar Nature-E6.jpeg"
Makasih ya buat yang sudah mampir ke blog ini, semoga kita semua sehat sehat. Tetap prokes ketat dong pastinya, tapi jangan lupa untuk bahagia.

Selasa, 22 Februari 2022

Penyintas Delta dengan Komorbid dan D Dimer 2200

Hi Mom...

Setelah 7 bulan berlalu gw baru punya mood untuk cerita saat gw dan suami terpapar covid-19 varian delta.

Qadarullah... ya kalimat ini akhirnya yang bikin hati ini akhirnya menerima semua takdir dan keputusan Allah, termasuk wafatnya mami tercinta gak lama setelah kami negatif covid.

Bahkan untuk mengenang mamipun gw belum sanggup menulis. Untunglah suami tercinta sudah membuat tulisan yang bikin gw nangis bombay, kelihatan kalau dia sayang banget sama mami.

"Oximeter.jpeg"
Awal Terpapar

Sepertinya saat kami menginap di dua hotel seputaran Senayan dan Sudirman. Kami sengaja staycation di Jakarta karena kepingin pikiran bebas sebentar.

Waktu itu dari bulan Maret sampai Mei 2021 ngurusin mami rawat jalan di rumah sakit, gw habis operasi keloid, saat ulang tahun dan lebaran hanya lewat begitu saja gak kemana mana.

Di hotel pertama 29 Juni 2021 di seputaran Sudirman kayaknya pop tenggorokannya sudah gak enak, sementara gw merasa demam sedikit. Besok paginya pas sarapan sengaja milihnya di rooftop biar sambil berjemur.

Pas siangnya 30 Juni 2021 pindah hotel Century, pop jadi lebih heboh batuknya. Beli obat batuk, minum madu dan vitamin sudah pasti karena memang gw bawa perlengkapan itu.

"Berjemur.jpeg"
Kita kalau nginep bertiga selalu pesan kasur king size (kapan lagi kan keruntelan sama Nayla), tapi sejak malam pop batuk dia pakai masker kalau tidur dan munggungin kita berdua. 

Saat pulang ke rumah tanggal 2 Juli 2021 sepertinya nih kondisi batuk pop makin parah plus demam, dicoba dong berobat online plus berjemur.

Dua hari kemudian sepertinya membaik, batuknya sudah gak terlalu heboh tapi demam dan tenggorokan pahit masih ada. 

Oh iya saat itu baru pop yang sudah vaksin covid-19 dosis double sejak Maret 2021 karena media termasuk yang diberi kesempatan paling dulu.

Dan jeng jeng... 4 Juli 2021 hari minggu badan gw mulai gak enak, demam panas dingin gak karuan. Puncaknya pas tengah malam sampai subuh Senin 5 Juli 2021 gw gak bisa tidur karena tulang belulang sakiiiit semua kek dipukulin Hulk plus panas tinggi.

Di hati sih berharapnya ini thypus deh tapi kok deg deg-an ragu sama harapan sendiri. Sejak pulang dari hotel  kita juga pakai masker di rumah dan beneran jaga jarak aman di apartemen mungil kami.

Akhirnya Selasa 6 Juli 2021 gw sedikit membaik, kita berdua sepakat untuk tes antigen dulu (waktu itu masih mihil cuy). Yang penting tahu dulu baru nanti PCR biar pasti.

Sambil menunggu hasil antigen kita berhenti di jalan buat makan di mobil, tapi nafsu makan ngedrop burger dan french fries enak cuma masuk setengah porsi ke perut.

Tambah mules ketika baca wa dari klinik yang ngasih tahu hasilnya kalau kita berdua positif, duaaaaar kayak ada petir di siang bolong. 

Nangis dong gw, pikiran buruk udah langsung otomatis muncul di otak gw. Karena gw punya komorbid dua, asma dan darah tinggi.

Setelah kelar nangis dan bisa tenang sedikit kita bagi tugas, gw telfon satgas covid di apartemen ngasih tahu kalau kita positif. Pop telfon Nayla buat jemput dia untuk PCR bertiga.

Selama perjalanan jendela mobil kita buka, karena saat itu belum tahu apakah Nayla terpapar atau enggak, doa gw sih semoga enggak.

Sayangnya sampai di sana sudah tutup, jadi harus kita coba besok pagi. Singkat cerita besoknya dengan pengawalan ketat dari satgas covid yang lengkap pakai APD dan bawa tabung dan semprotan selang panjang untuk menyemprot lorong, lift dan jalanan ke parkiran yang kita lewati.

Lift untuk sementara di kunci sampai steril 3-4 jam  kemudian setelah di semprot. Hal yang sama mereka lakukan saat kami kembali ke unit.

Akhirnya Isoman

Hasil PCR kami bertiga adalah.... dua positif dan Nayla negatif.... Alhamdullilah. Pintu unit kami pas tanggal 7 Juli 2021  di pasang tulisan ini nih. 

"Isoman.jpeg"
Setelah menimbang nimbang karena kita berdua gak mau mami yang lagi sakit dan mama mertua tahu kita kena covid, kita memutuskan untuk isoman di unit apartemen.

Kalau isoman di wisma atlet nanti malah  kepikiran kalau gak lihat Nayla, jadi diputuskan kami menyepi di kamar masing masing.  sambil berdoa yang kenceng kami gak parah parah amat.

Kita berdua hanya ngasih tahu kakak dan adik masing dengan pesan jangan kasih tahu almarhumah mami yang waktu itu lagi sakit dan mama mertua.

Kita juga gak bikin status apapun di sosmed, paling hanya ngabarin grup kantor dan grup teman teman dekat yang bisa dipastikan gak akan bocor ke telinga orang tua kita.

"Madu.jpeg"
"Obat rempah rempah.jpeg"
Saat itu kita berdua sama sekali gak kepikiran buka link Pedulilindungi biar dapat obat untuk covid. Mungkin karena sudah banyak sekali yang kirim vitamin kayak dari kantornya Pop, keluarga kita sama satgas covid di apartemen. Too much for me.

Sirine Ambulan dan Info kematian

Dari sebelum isoman sebetulnya yang beginian sejak pandemi sudah jadi santapan sehari hari. Kalau sudah ada suara Assalamualaikum dari corong masjid di luar jam sholat sudah pasti berita kematian.

Nah pas isoman yang beginian bikin hati gak karuan, apalagi apartemen kita selain ada masjid sendiri dikepung kanan kiri dengan masjid warga sekitar. Kebayang kan waktu itu berapa kali sehari pengumuman orang yang meninggal.

Belum lagi suara sirine ambulan di jalan, berbunyi setiap saat. Yang bikin senewen setiap kali ada pasien di apartemen yang mau diangkut ke RS atau Wisma Atlet pasti petugasnya bunyiin sirene yang suaranya persis di film Purge Anarchy hadeeeeh.

Tujuannya sih biar orang orang aware gak keliaran di luar apalagi saat ambulan mau ngangkut pasien. Makanya kita batasin buat nonton berita, dilingkungan tempat tinggal aja horor begini. Mending nonton drakor ya kan.

Oxigen

Gw perlu oxigen bukan sesak nafas karena asma kambuh, tapi ini lebih tersengal sengal setiap bergerak alias nafas pendek pendek gitu. Sholatpun sambil tiduran, perjuangan banget buat bangun dari tempat tidur untuk makan, minum apalagi ke kamar mandi.

"Oxigen.jpeg"
Mikir seribu kali kalo mau pipis dan mandi, padahal jaraknya cuma sepelemparan batu kerikil doang, tahu kan apartemen dua kamar tidur. Sampai gak berani untuk keramas perasaan seperti mau tenggelam pas kena semburan air shower.

Yang lebih bikin kepala pusing dan mual adalah bau handsanitizer yang selalu kita semprotkan di semua benda yang kita sentuh di kamar mandi. Akhirnya pop yang ambil alih dia aja yang semprot semuanya setiap kali kita ke kamar mandi.

Balik ke masalah oxigen ternyata gak semudah itu dapat pinjaman oxigen, karena bulan Juli 2021 yang kena covid ribuan otomatis oxigen jadi langka di mana mana.

Untungnya punya teman yang jadi relawan penyedia oxigen (eh gitu gak sih namanya ) untuk rumah sakit dan perorangan.

Gak sampai satu hari oxigen sudah sampai di unit. Sayangnya waktu itu kita gak tahu  cara pakai yang bener (padahal sudah diajarin), diputer sampai poooool akibatnya gak sampai 3 hari oxigen habis.

Setelah nanya sana sini melalui WA ketemu tempat isi oxigen yang masih punya stok banyak. Kita minta tolong tukang ojek langganan mama mertua untuk isi ulang oxigen.

Agak riskan minta tolong sama yang gak di kenal, kalau dibawa kabur amsyooong apalagi tabung boleh minjem kan. Saat itu tabung oxigen laksana emas mutiara yang berharga banget.

Setelah diisi full, gw pakai kalau benar benar terengah engah banget setelah habis dari kamar mandi atau pas mau tidur biar nyenyak. Itupun sama pop hanya dikeluarin setengah. 

Sisanya gw melakukan proning atau cara pernafasan sambil tiduran atau duduk.

I Love U Pop

Ah rasanya gak bisa diucapkan hanya dengan kata kata, kalau gak ada pop gw gak tahu deh gimana jadinya pas kena Delta waktu itu.

Saking banyak yang metong apalagi yang metong kebanyakan yang mengidap komorbit kayak gw. Gw jadi stress, mood terjun bebas salah satunya jadi gak doyan makan walaupun penciuman kita berdua gak hilang tapi rasa makanan di mulut gak karuan.

Yang gurih jadi asiiiiiin banget, yang manis jadi legit kek gula jawa. Tapi tiap hari pop memastikan gw makan tiga kali sehari walaupun hanya 4-5 sendok, plus buah dan vitamin.

Makanan enak enak berlimpah ruah padahal, tiap hari selalu ada yang ngirimin makanan buat kami bertiga termasuk dari satgas covid. 

Sayangnya gak ketelen di mulut gw tapi makan pakai telor, sei sapi sambal matah sama labu, bayam rebus atau pokcoy bisa masuk. 

"Bayam dan sei sapi.jpeg"
Untung ada sahabat gw yang ngirimin sayuran dan lalapan segar jadi pop tiap hari merebus untuk kita bertiga.

Suami gw ini hebat banget lah, di saat dia juga terpapar bahkan batuknya heboh banget dan tenggorokan pahit tetap memaksaan dirinya untuk makan dan lekas pulih.

Pop bertekad kuat untuk sembuh karena dia juga harus merawat gw yang rewel dan Nayla yang sehat di kamar sebelah. Anak ini tetap sekolah dan les online yang kadang ortunya gak covidpun gak bisa dimintai bantuan apa apa kecuali kalau sudah malam.

Jadi pop memastikan ada makanan hangat untuk kami bertiga, mencuci pakaian kami bertiga (Nayla cuci baju dalam dia sendiri). Semuanya dia lakukan dengan menggunakan tangan yang dibungkus kantong kresek yang baru, karena kita gak punya sarung tangan pelastik.

Semua dia usahakan benar benar steril, biar nayla gak terpapar. Jadi kalau sudah siap sebelum masuk kamar dia panggil Nayla untuk makan.

Selama isoman kami melakukan percakapan singkat tanpa hape, karena pingin dengar suara Nayla langsung atau saling pandang pas dia berjemur di balkon sedangkan kita di depan jendela kamar.

Televisi di rumah hanya kita sediakan di kamar gw sama ruang tamu. Jadi selama isoman ruang tamu buat Nayla, cara ngaturnya kalau kita mau ke kamar mandi atau dapur Nayla masuk dulu ke kamarnya, pokoknya jangan papasan.

Makanan dan sampah selama isoman di apartemen

Kalau rumah tapak ada makanan dari ojol langsung bisa di sangkutin di pager rumah. Tapi kalau di apartemen karena hanya penghuni dan petugas yang punya akses ke lift, makanan dan obat obatan di pool di ruang satgas covid.

Jam pengantaran sudah ditentukan pas makan siang sama sore  dan malam, waktu itu yang terpapar ratusan orang sementara petugas sedikit. Kebayang kan repotnya mereka dan manyunnya muka kita yang sakit menunggu makanan kesukaan datang he...he...

Selama isoman gak bisa pesan ice cream, bisa bisa pas diantar udah jadi susu kocok ye kan. Sampah rumah pun diambil OB ke unit yang isoman pada jam jam tertentu yang sudah di beri tahu di grup.

Negatif yaaaaay

Setelah kita genapkan isoman hingga 14 hari, kita berdua merasa sehat segar bugar. Jadi ketika kita lapor ke satgas tanggal 21 Juli 2021 mau keluar kandang buat antigen, mereka membolehkan kami keluar tanpa pengawalan.

Tapi tetap di mobil jendela kita buka semua sampai ada kepastian hasil antigen kami negatif. Untuk kedua kalinya Nayla di colok colok lagi deh hidungnya (tenggorokannya enggak karena hanya antigen).

Akhirnya setelah menunggu 20 menit kita bertiga dinyatakan bebas dari covid yaaaaaay. Alhamdullilah. Langsung beli ice cream cuy hi...hi....

Cek thorax dan D Dimer (kekentalan darah)

Tanggal 23 Juli 2021 gw sama pop ke klinik Pramita di Matraman untuk cek Thorax dan D Dimer alias kekentalan darah. Buat jaga jaga aja soalnya gw kan ada komorbid.

"Klinik Pramita.jpeg"
Hasil lab pop Thoraxnya bagus tapi D Dimernya tinggi 1.342 normalnya 500, sedangkan gw hasil Thoraxnya  paru paru bagian bawah kiri dan kanan agak berkabut sedikit dan D Dimernya tinggi banget melampaui pop 2.200.

Sedih sih tapi kita bertekad mau sembuh total, jadi kita berdua langsung berobat ke penyakit dalam. Pop di rujuk ke Persahabatan untuk ngecek D Dimernya karena alat di sana lebih canggih, sedangkan gw harus konsul ke dokter paru dulu.

Konsul di dokter paru  bisa dua bulanan, makanya pop memutuskan untuk barengan aja ke Rs Persahabatan untuk ngecek D Dimernya setelah gw berobat.

Sama dokter parunya karena gw gak ada keluhan bahkan asma gak kambuh selama terpapar kemarin, Gw hanya diminta untuk menghisap Seretide (obat asma gw) selama dua bulan setiap malam.

"Seretide Diskus.jpeg"
Setelah dua bulan gw dapat juga surat lulus dan siap buat jadi Pejuang Vaksin. Terus gimana dengan D Dimer kita?

Dokter Hendra Agustian yang menangani kita berdua di bagian penyakit dalam RS Yadika Pondok Bambu, cuma nanya "ada keluhan gak selama dua bulan ini? karena kita jawab "gak ada dok", dengan enteng dia jawab "ya sudah gak usah ke Persahabatan".

Alasannya waktu cek darah dan thorax kita baru beberapa hari negatif dari Covid-19 jadi wajar hasilnya gak begitu bagus, istilahnya masih ada sisa sisa. Lega dong gak harus cek apa apa lagi.

Hi Kalian keluarga dan sahabat tersayang

Sementara untuk makan Alhamdullilah semua sayang kami. Sayangnya yang sempat di foto hanya makanan yang pertama kali datang pas habis PCR (dari Ucu agustin) sama cake dari Vivi Zabki pas kita sudah negatif, karena fotografernya teparšŸ˜‚.

"Kambake.jpeg"
"Cake Lemon.jpeg"
Obat, vitamin dan makanan makanan enak itu datang dari Kantor pop Katadata, Elly kakak gw, Pree Ambodo adek gw, Ina adek ipar yang tinggal di cibubur, Jimmy Silalahi, Mama khanisa.

Ada juga dari Mama Arka, mba Jihan, mba Prita Laura, Rifa Kurnia, Ucu agustin, Dessy Safina, Mba Ovi, Vivi Zabki, Mba Mayang dan Mas Arfi Bambani. 

Mereka ini adalah sebagian dari sahabat sahabat kami yang mengirimkan sayur mayur, buah buahan, vitamin dan makanan yang enak enak buat kami.

Bahkan Jimmy yang biasa kita panggil Jimbo sampai bela belain datang ke apartemen demi memastikan roti dan lauk pauk yang dia kirim sampai ke kita. 

Walaupun tetap gak bisa ngasih langsung karena semua di pool dulu di satgas covid baru nanti diantarkan ke unit kita.

Lega rasanya sudah bisa menuliskan ini di blog, karena ini jadi catatan bersejarah kalau kami diberi nikmat saat pandemi melanda dunia.

Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan ya tapi jangan lupa untuk selalu bahagia.

Sabtu, 19 Februari 2022

IDN Media Luncurkan ICE, Kolaborasi Tanpa Batas antara Brand dan Kreator

Hi Mom...

Ada yang kayak gw gak masih suka gugling cari cari resep? Apalagi sekarang ini sudah gak pernah langganan koran dan tabloid sejak pindah ke apartemen. Tukang korannya males masuk dan nitipin di lobi.

Padahal dulu suka koleksi resep resep makanan dan masakan enak ya dari koran atau tabloid, bahkan dikliping segala biar enak dilihat dan dibaca.

Tapi sekarang bahkan sebelum pandemi banyak media cetak yang tumbang, pas pandemi lebih banyak lagi karena sebagian besar beralih ke media online.

Nah yang sering gw kulik kulik pas gugling nyari resep atau berita terbaru lainnya salah satunya IDN Media. Kalimat beritanya sih menyasar Millenial dan Gen Z ya yang bukan generasi gw he...he... tapi ya asik banget kalimatnya.

Apa ya yang bikin beda IDN Media dengan media online lainnya

Duo Pendiri IDN Media 

IDN Media didirikan oleh dua bersaudara Winston Utomo dan William Utomo  pada 8 Juni 2014. Sejak awal segmen pasarnya sudah jelas untuk Milenial dan Gen Z. 

Mereka berdua punya harapan IDN Media jadi mimpi puluhan bahkan ratusan juta generasi muda Indonesia yang selalu berharap Indonesia negara tercinta kita ini menjadi negara yang lebih baik lagi.

"Winston Utomo, CEO IDN Media (kanan) dan William Utomo, COO IDN Media (kiri).jpeg"
Terbukti perusahaan media  berbasis teknologi dan platform konten ini memiliki lebih dari 70 persen pembacanya dari kalangan ini atau biasa disebut Monthly Active User (MAU).

Tahun 2017 jadi babak baru dimulainya industri kreator dengan diluncurkannya IDN Creator Network. Tapi duo bersaudara ini gak puas dong hanya berhenti sampai disitu.

ICE apa sih?

IDN Media secara resmi meluncurkan ICE (Indonesia Creators Economy) pada tahun 2022 ini. Dengan visi mendemokratisasi  "creators economy" di Indonesia melalui teknologi.

"ICE IDN Media 1.jpeg"
Menurut Winston Utomo, CEO IDN Media, dia menyambut gembira peluncuran  ICE (Indonesia Creators Economy) di ekosistem IDN Media.

Adanya ICE ini bikin mereka lebih siap untuk berkembang lebih pesat, agresif dalam berinvestasi dan lebih inovatif. 

Winston juga berharap visi ini punya dampak yang positif yang masif di masyarakat, terutama di dunia kreator di Indonesia.

Selaras dengan pernyataan Winston, William Utomo COO IDN Media juga ngasih info yang bikin happy,  kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator ditawarkan ICE dengan sistem kerja yang lebih mudah dan efektif.

Komitmen mereka platform revolusioner ICE ini nantinya akan benar benar mengubah cara brand dan kreator berkolaborasi.

Kayaknya sih hal ini gak mustahil akan terwujud. Karena ICE memiliki tim yang berpengalaman, punya strategi pemasaran yang dirancang khusus dan memiliki teknologi yang terdepan.

Tim yang solid ini ada di dua lokasi kantor, Surabaya dan Jakarta. Barangkali ada yang mau nanya nanya soal ini, kontak aja IDN Media HQ Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 27 Lt. 16, Kuningan Jakarta (12950), 02122123888 (hi@idntimes.com) 

Atau bisa juga kontak kantor di Surabaya: IDN Media Surabaya Sentra Darmo Villa C 1-3 Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 6-14 Surabaya (60226), 0317318228 (hi@idntimes.com). 

"Staf IDN Media.jpeg"
Bisa dibilang ICE adalah rumah bagi para kreator yang memiliki kreativitas tanpa batas dan punya dampak yang luas bagi masyarakat.

"ICE IDN Media 2.jpeg"
Sebagai masyarakat awam gw tinggal menunggu dan menikmati hasil karya mereka nantinya. Pasti jadinya lebih asik berselancar mencari sesuatu yang baru di media ini.

Makasih buat yang sudah mampir, jaga kesehatan dan lakukan protokol kesehatan sesuai anjuran. Tapi jangan lupa untuk bahagia ya.

Jumat, 11 Februari 2022

Mood Booster Favorit Brightening Shower Scrub Scarlett Whitening

Hi Mom...

Senang banget deh gw mau nulis  body care lagi. Kali ini yang akan gw ceritain di blog ini hanya sabun kesayangan shower scrub Scarlett New Variant.

Adalah beberapa kali gw  cerita di sini kaya Shower Scrub Scarlett varian Pomegrante alias buah delima sama  varian Coffee widiiiiih dasyat aromanya.

Sesuka itu kita sekeluarga sama shower scrubnya Scarlett, makanya begitu keluar lagi varian terbarunya langsung dong kita coba.

"Brightening Shower Scub Scarlett Whitening.jpeg"
Terlihat sama ya tapi Brightening Shower Scrub yang sudah terdaftar di BPOM dan mendapat sertifikasi halal dari MUI ini gabungan dari bermacam macam variant sebelumnya. 

Yang lebih bikin gw tercengang kali ini ada kandungan kolagennya.

Kandungan utama sama seperti shower scrub  sebelumnya yaitu Glutathione dan vitamin E, yang fungsinya sebagai antioxidant, pencerah kulit paling cepat, menutrisi dan melembabkan kulit.

Nah kandungan kolagen sendiri dapat memperlambat proses penuaan, caranya dengan meningkatkan elastisitas dan kelembapan.

Yang gak kalah pentingnya ada Glycerin juga di shower scrubb ini. Fungsinya sebagai pelembab kulit yang efektif, yang mampu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menyerap kadar air lebih banyak. 

Selain itu seperti varian sebelumnya ada butiran scrub halus  di dalamnya, fungsinya  sebagai physical exfoliant. Scrub yang gak bikin sakit kulit ini mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit.

Kuy kita ulik ulik satu satu varian terbarunya ya.

Brightening Shower Scrub Charming (300 ml, 75 rb)

Varian Charming  aromanya luxury banget, yang berasal dari Baccarat Rouge 540. Aroma kayunya hangat dan spicy.

"Brightening Shower Scub Charming Scarlett Whitening 1.jpeg"
"Brightening Shower Scub  Charming Scarlett Whitening 2.jpeg"
Karena Charming di formulasikan dengan perpaduan aroma Jasmine, Saffron, Cedar Wood dan Ambergris.

Brightening Shower Scrub Freshy (300 ml, 75 rb)
Kalau yang suka aroma bunga dan buah buahan, pilih Freshy deh. Aromanya mewah dan lebih manis khas wewangian English Pear dan Freesia.

"Brightening Shower Scub Freshy Scarlett Whitening 1.jpeg"
"Brightening Shower Scub Freshy Scarlett Whitening 2.jpeg"
Aroma Patchouli, Melon, English Pear dan Freesia adalah perpaduan aroma yang ada di Freshy.

Brightening Shower Scrub Jolly (300 ml, 75 rb)

Nah ini salah satu favorit gw, sebagai pecinta aroma kopi (cuma peminum kopi ala ala yang pakai jelly dan foam ha...ha...) Jolly paling gw suka karena mengandung aroma kopi.

"Brightening Shower Scub Jolly Scarlett Whitening 1.jpeg"
"Brightening Shower Scub Jolly Scarlett Whitening 2.jpeg"
Buat penyuka parfum androgini varian Jolly pilihan yang tepat. Kombinasi aroma kopi yang woody dan earthy mirip banget sama parfum mewah Black Opium.

Gimana enggak di dalamnya ada kandungan aroma Coffee, Jasmine, Cedar Wood dan Vanila. Mewah banget kan.

Nah tunggu apalagi mom, kalau sudah suka langsung klik Shopee untuk beli rangkaian varian dari Brightening Shower Scrubb Scarlett Whitening, dijamin asli deh.

Walaupun kita gak ke mana mana nih selama pandemi, kulit harus tetap segar, sehat dan bercahaya dong.

Jangan lupa tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat ya, tapi yang paling penting jangan lupa juga untuk bahagia. Makasih buat yang sudah mampir.

Kamis, 03 Februari 2022

Glowtening Scarlett Withening Bikin Cerah Sepanjang Hari

 Hi Mom...

Gimana kabar pagi ini? sudah masuk bulan Februari di tahun 2022. Musim hujan masih lanjut, harus jaga jaga untuk yang rumahnya sering kebanjiran.

Sudah baca kan tulisan tentang Face Care Scarlett Whitening, kalau belum klik ini ya, biar nyambung dan kumplit sama review kali ini.

Face care sebelumnya kan sudah ada serumnya tapi ini ada tambahan serum lagi yang gak kalah kece namanya Glowtening serum, masih dari Scarlett Whitening pastinya.

"Glowtening Scarlett Whitening 1.jpeg"
Bisa dibilang cukup pakai ini kita bisa punya kulit sehat, cerah dan glowing. Apalagi buat gw yang kadang suka mager pakai skincare yang kumplit, tapi tetep kepingin punya kulit yang glowing kek cewek Korea kan gak mungkin rasanya.

Tapi Scarlett ini punya solusi buat perempuan perempuan yang suka mageran kayak gw. Makanya gw coba pakai  glowtening dengan dua cara, dipadu dengan serangkaian face care dan dipakai hanya dengan glowtening aja.

Glowtening Serum (15 ml, 75 ribu)

Serum yang juga sudah BPOM ini punya kandungan bahan aktif sebanyak 16,5 % seperti Tranexamide Acid yang fungsinya memperkuat skin barrier. Tugasnya memudarkan noda bekas jerawat, sekaligus menenangkan kulit.

"Glowtening Scarlett Whitening 2.jpeg"
Gak hanya itu, serum ini  ada kandungan Niacinamide, Aloe Vera Extract, Allantoin, Licorice Extract. Serum ini ada campuran oil juga loh, Calendula Oil, Geranium Oil daan Olive Oil, makanya bisa bantu mencerahkan, menyamarkan garis garis halus dan melembapkan kulit.

Tekstur Glowtening Serum

Berbeda dengan perlengkapan face care yang selalu gw simpan di kulkas, kalau Glowtening Serum kayaknya taro di suhu ruangan aja deh.

"Glowtening Scarlett Whitening 3.jpeg"
Karena kalau dikeluarin dari kulkas, serumnya jadi padat gak bisa disedot masuk kepipetnya. Teksturnya lebih kental sedikit dari  serum lainnya dan berwarna putih susu, tapi begitu diaplikasikan ke kulit wajah langsung menyerap dong.

Hanya Pakai Glowtening Serum

Gw cobain nih seminggu tanpa face care, hanya memakai Glowtening Serum pagi sore. Enak juga sih ha...ha... cuma pakai satu prodak.

Hasilnya sih menurut gw kulit muka lembut banget dan lebih bersih (kebetulan kulit muka kuning langsat).

Glowtening Serum plus Face Care 

Nah ternyata nih memang disarankan Glowtening dikombinasikan dengan produk face care dan serum lainnya.

Seperti cerita gw ditulisan sebelumnya gw pakai rangkaian produk face care dari Scarlett Whitening, makanya gw coba mix tuh beberapa hari dengan face care ini.

O iya sekadar ngingetin cara pakai skincare itu biasanya dimulai dari yang teksturnya cair baru dilanjutkan dengan yang teksturnya padat. 

Jadi setelah memakai sesuai urutan, seperti Essence, dan Brightly Ever After Serum sambil ditepuk tepuk dengan dua buah jari tangan kulit mukanya setelah baru deh gw aplikasikan Glowtwning serum.

"Face care Scarlett Whitening.jpeg"
Jangan lupa ditepuk tepuk juga ya kulit mukanya, ini sih sebetulnya masalah kebiasaan aja. Biar lebih meresap dan kulit muka rasanya jadi rileks banget setelah ditepuk tepuk ringan gini.

Habis itu lanjut deh pakai Brightly Ever After Cream yang Night atau Day pas pagi hari. Setelah beberapa hari gw merasakan bedanya, jadi lebih moist dan lebih cerah gitu.

So Mom silahkan mau pakai cara yang mana bebas, sesuaikan budget dan kebutuhan ya.

"Glowtening Scarlett Whitening 4.jpeg"
Makasih buat yang sudah mampir di blog ini. Jangan lupa jaga kesehatan dan tetap pakai protokol kesehatan karena pandemi belum berlalu. Tapi jangan lupa untuk selalu bahagia itu yang paling penting.

Kulit Ekstra Lembut Dengan Happy Body Cream Scarlett

Hi Mom... Seperti janji gw di blog sebelumnya, tulisan kali ini  untuk pameršŸ˜šsekaligus ngasih tahu keunggulan Happy Fragrance  Body Cream. ...